Dibanderol Rp30 Ribu Lebih, Harga Telur Disebut Zulhas Akan Segera Normal: Paling 2 Minggu

Dibanderol Rp30 Ribu Lebih, Harga Telur Disebut Zulhas Akan Segera Normal: Paling 2 Minggu

ILUSTRASI - Harga daging dan telur ayam meroket, daya beli masyarakat Brebes turun.--JPNN.com

JAKARTA, radartegal.com - Dibanderol hingga Rp30 ribu lebih per kilogram, harga telur saat ini disebut Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas menyatakan harga akan kembali normal dalam 2 minggu mendatang.

"Mudah-mudahan paling lambat dua minggu sudah normal telur ayam. Walaupun itu juga nanti akan kita tambah ayam untuk petelur itu," katanya, Kamis, 25 Agustus 2022.

Diakuinya, harga telur ayam terus melambung tinggi, dibanderol hingga mencapai harga Rp30 ribu lebih per kilogram.

Salah satu faktor penyebab meningkatnya permintaan telur, kata Zulhas, adalah program bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat dengan salah satu bantuannya adalah telur ayam.

Zulhas menjelaskan, kenaikan harga telur dalam beberapa terakhir karena melonjaknya permintaan, sementara suplai atau produksi tidak memadai.

Karena pengadaan bansos itu, permintaan telur ayam melonjak di berbagai daerah.

"Ini rapel uangnya (uang bansos) tiga bulan agak banyak, jadi ada permintaan selama lima hari mendadak, pasar kurang pasokannya. Biasa kalau pasokan kurang dikit, kaget, harga naik," ujarnya.

Zulhas mengaku sudah bertemu para perwakilan pengusaha telur. Para pelaku usaha meminta agar skema penyaluran bansos dibuat secara periodik agar produksi dapat mencukupi permintaan.

"Sarannya, bisa tidak bansos tiap bulan karena telur itu kan tidak bisa cepat. Jadi kalau bisa tiap bulan, sehingga ketika dibelanjakan tidak ada permintaan yang mendadak banyak," ujarnya.

Menurut Zulhas, rata-rata harga telur saat ini sebesar Rp31 ribu kilogram. Ia ingin mampu menurunkan harga telur di titik keseimbangan agar tidak terlalu membebani konsumen dan tetap mampu memberikan keuntungan terhadap peternak.

"Telur ayam memang Rp31 ribu sekarang, tapi waktu saya duduk (dilantik menjadi Mendag) Rp32 ribu. Sekarang Rp31 ribu sempat turun sampai Rp26 ribu-Rp25 ribu. Memang harga sedang itu Rp27 ribu-Rp28ribu itu untung peternaknya. Harga Rp31 ribu kemahalan," kata Zulhas yang menargetkan harga telur akan normal dalam 2 minggu mendatang seperti dikutip dari Fin.co.id. (ima/rtc)

 

Sumber: fin.co.id