TNI-Polri dan Sipil di Kota Tegal Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Peringati HUT RI ke-77

TNI-Polri dan Sipil di Kota Tegal Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Peringati HUT RI ke-77

BAWAH LAUT - Beginilah prosesi pengibaran bendera merah putih di bawah laut.-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

KRAMAT, radartegal.com - Personel gabungan TNI-Polri dan instansi sipil mengibarkan bendera merah putih di bawah laut tepatnya di perairan Karang Jeruk, Desa Munjungagung Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Rabu, 17 Agustus 2022. 

Kegiatan digelar untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 sesuai yang diinstruksikan Kepala Staff Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Moch. Chanan Asfihani di sela-sela kegiatan mengatakan, pengibaran bendera dilakukan 17 personel yang berasal dari Lanal Tegal, Satpolairud Polres Tegal Kota, 2 personel, SAR dan BPBD Kabupaten Brebes, Universitas Panca Sakti, Pramuka Saka Bahari Lanal Tegal serta Possi Tegal. 

Sedangkan unsur pendukung kegiatan pengibaran bendera merah putih bawah laut yakni Kal Maribaya, Sea Rider (RHIB) dan 2 unit perahu karet. 

"Kegiatan serupa juga digelar di 77 titik lokasi yang tersebar di Indonesia. Sebelum pelaksanaan Upacara Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut, seluruh peserta mengikuti video conference (vicon) bersama Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Puwono," katanya.

Menurut Dan Lanal, momen pengibaran bendera di bawah laut ini bertujuan untuk menunjukkan luasnya laut nusantara dengan berjuta kekayaan hayati di dalamnya. Sehingga, harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke, serta untuk menguatkan jiwa nasionalisme kepada bangsa dan negara.

"Prajurit Lanal Tegal sebagai prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan negara pada umumnya dan siap menjaga keamanan laut khususnya di wilayah perairan Pantai Utara Laut Jawa," tegas Danlanal.

Selain itu, ujar Dan Lanal, pengibaran bendera merah putih secara serentak di 77 titik ini, juga wujud kepedulian dan kebanggaan TNI AL kepada bangsa negara. Utamanya, dalam memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

"Kita wajib bersyukur, saat ini masih menghirup udara kemerdekaan. Semoga para pejuang pendahulu kita mendapat tempat yang damai di sisi Allah," tandasnya.

Dan Lanal juga mengajak agar semua warga negara mengisi kemerdekaan ini dengan memberikan karya dan motivasi. Untuk membangun generasi lebih berjiwa nasional dan mampu dibanggakan bangsa dan negara.

"Kegiatan ini juga selaras dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yaitu bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman," pungkas Dan Lanal. (muj/ima)

Sumber: radartegal.com