HUT RI ke-77, Kemenag Brebes Gelar Doa Bersama Lintas Sektor

HUT RI ke-77, Kemenag Brebes Gelar Doa Bersama Lintas Sektor

-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-radartegal.com

BREBES, radartegal.com - Menyambut HUT RI ke-77, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Brebes menggelar doa bersama dan istighosah di aula kantor setempat, Selasa, 16 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut diikuti 125 peserta dari lintas sektor yang ada di Kabupaten Brebes.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Brebes Fajarin mengatakan, kegiatan doa bersama dan istighosah ini tidak lain dalam rangka menyambut HUT RI ke-77.  

Pelaksanaan ini dilakukan secara serentak di kantor Kemenag yang ada di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

"Kegiatan seperti ini perlu dilakukan untuk mengenang kemerdekaan yang dicapai oleh keringat dan darah para pendahulu pendiri bangsa termasuk para ulama," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kepala KUA kecamatan se Kabupaten Brebes serta tamu undangan dari lintas sektor lainnya.

Dijelaskannya, sesuai dengan tema HUT RI ke-77 yakni Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat diharapkan bangsa ini bisa pulih kembali setelah selama dua bulan pandemi Covid-19. Serta bisa kembali bangkit dalam memulihkan perekonomian.

"Selain dalam menyambut HUT RI ke-77, doa bersama dan istighosah ini juga dalam menyambut tahun pencanangan toleransi 2022," jelasnya.

Ditambahkannya, dengan sikap toleransi diharapkan ke depan menjadikan bangsa ini sebagai barometer kerukunan antarumat beragama.

Disebutkannya, salah satu bentuk toleransi yakni toleransi beragama. Dalam toleransi beragama tersebut dapat saling hormat menghormati dan menghargai antarpenganut agama lain.

"Sementara itu contoh toleransi secara umum yaitu menghargai pendapat mengenai pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita. Sehingga nantinya bisa menciptakan toleransi antarsesama," terangnya.

Sementara itu, sambutan Bupati Brebes Idza Priyanti yang dibacakan oleh Sekda Brebes Djoko Gunawan mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan Kemenag Brebes dalam menyambut HUT RI ke-77 ini dan pencanangan tahun toleransi 2022. 

Diharapkan, dengan masyarakat Brebes ke depan dapat mengimplementasikan toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

"Baik itu toleransi dalam masyarakat umum, agama atau antar sesama. Sehingga dapat menjadikan kabupaten yang toleran," singkatnya. (ded/ima)

Sumber: radartegal.com