Anggaran Ditambah Rp5 Miliar, Tahun Depan UHC di Kota Tegal Diharapkan Tercapai

Anggaran Ditambah Rp5 Miliar, Tahun Depan UHC di Kota Tegal Diharapkan Tercapai

-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

KOTA TEGAL - Anggota DPRD Kota Tegal Moh. Sefrudin berharap agar program Universal Health Coverage (UHC) atau perlindungan kesehatan secara menyeluruh dapat tercapai di 2023 dan 2024. Apalagi, ada usulan penambahan anggaran untuk itu hingga Rp5 miliar lebih.

Itu, disampaikannya usai menggelar reses di Kantor Kelurahan Randugunting Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal, Selasa (9/8) sore. Selain UHC, sejumlah usulan pembangunan fisik juga mencuat dalam kegiatan itu.

Menurut Saefudin, pihaknya mendorong agar di 2023 dan 2024 sudah clear dan masyarakat Kota Tegal sudah tercover BPJS Kesehatan. Sebab, saat pembahasan di Badan Anggaran diusulkan penambahan anggaran untuk mencapai itu.

"Perihal BPJS, insya Allah 2023 Kota Tegal sudah UHC karena ada penambahan anggaran Rp5 miliar," jelasnya.

Kemudian untuk masalah pokok pikiran, kata Saefudin, pihaknya lebih banyak melakukan kegiatan fisik. Di antaranya untuk perbaikan jalan, saluran dan memperkuat pembangunan di Randugunting.

Sebelumnya, Kepala Kelurahan Randugunting Dian Andrianto dalam sambutannya mengatakan, kepada warga yang mengusulkan agar namanya terdaftar di BPJS Kesehatan yang dibiayai pemerintah ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. 

Di antaranya, untuk pekerjaan di KTP diharapkan agar tidak tertulis sebagai karyawan swasta.

"Karena kalau statusnya karyawan maka akan ditolak. Karena itu, menjadi tanggung jawab perusahaan," ujarnya.

Selain itu, kata Andrianto, diharapkan masyarakat yang mengajukan permohonan kepesertaan juga harus sudah vaksin booster. Itu, merupakan persyaratan tambahan dari dinas terkait. (muj/ima)

Sumber: fajar.co.id