Jenazah Brigadir J Akan Diautopsi Lagi Minggu Depan, Lokasinya Akan Disurvei Lebih Dulu

Jenazah Brigadir J Akan Diautopsi Lagi Minggu Depan, Lokasinya Akan Disurvei Lebih Dulu

--

JAKARTA - Keluarga Brigadir Nopryansah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J bisa sedikit bernapas lega. Tuntutannya agar dilakukan autopsi ulang mulai direspons Mabes Polri.

Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, mengungkapkan jadwal autopsi ulang Brigadir J akan dilakukan minggu depan. Bocoran jadwal autopsi ulang itu disampaikannya setelah mendampingi pemeriksaan keluarga Brigadir J di Polda Jambi oleh penyidik dari Mabes Polri, Jumat (22/7).

“Tetapi kami belum tahu apakah hari Senin atau Selasa. Kami tinggal melengkapi berkas administrasi untuk melakukan autopsi ualng tersebut,” kata Kamaruddin.

Sedangkan untuk lokasi autopsi, beber Kamaruddin, rencananya akan dilakukan di tempat pemakaman Brigadir J. "Lokasi autopsi ulang akan dilakukan survei terlebih dahulu apakah layak atau tidak, kalau tidak maka akan digeser ke rumah sakit." 

Selama proses autopsi ulang jenazah Brigadir J, polisi dari Polda Jambi siap melakukan pengamanan. Penegasan itu langsung diungkapkan Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Jumat (22/7). 

"Pengamanan sudah kita siapkan. Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit yang ada di Sungai Bahar," tuturnya. 

Terkait siapa tim autopsi yang akan turun nanti, semua kata Kapolda langsung di bawah koordinasi Mabes Polri. "Autopsi itu nanti dari Mabes Polri yang akan melaksanakan, untuk jadwalnya saya juga belum dapat kabar," ujar Kapolda Dilansir dari jambiekspres.disway.id.

Diketahui, keputusan Polri untuk melakukan autopsi ulang pada jenazah Brigadir J ini diterangkan dalam konferensi pers pada Rabu 20 Juli lalu pukul 21.00 WIB.  

Saat konferensi pers, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, terdapat tiga hal yang perlu disampaikan ke publik. Pertama yakni terkait pencopotan Brigjen Hendra Kurniawan sebagai Karo Paminal Divisi Propam, serta mencopot jabatan Kapolres Jakarta Selatan yang saat ini dijabat oleh Kompol Budi Herdi.  

Kedua terkait otopsi ulang terhadap mendiang Brigadir J. Sedangkan yang ketiga yakni menindaklanjuti langkah-langkah laporan yang diterima, salah satunya dengan menunjuk tim untuk mendalami kasus yang terjadi. (*)

Sumber: