Kunjungi Brebes, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Resmikan Rumah Sigap

Kunjungi Brebes, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Resmikan Rumah Sigap

-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

BREBES- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Brebes tepatnya di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba, Kamis (21/7). 

Dalam kunjungannya tersebut, Ganjar meresmikan Rumah Anak Siapkan Generasi Anak Berprestasi (Sigap). 

Guna menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta stunting, kepala desa dan bidan desa diwajibkan tahu berapa jumlah ibu hamil dan berapa jumlah ibu hamil yang berisiko yang ada di wilayahnya. 

Untuk itu, program lima Eng yakni Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng harus dikuatkan. 

Menurut Ganjar, Program 5Eng terbukti sangat ampuh menurunkan AKI dan AKB serta Stunting di Jawa Tengah.

Dengan 5eNG kondisi ibu hamil akan terpantau  dalam 4 fase (fase sebelum hamil, fase hamil, fase persalinan, dan fase nifas). 

Selain itu, ibu hamil dengan risiko tinggi menjadi prioritas pengawasan petugas kesehatan. Yaitu dengan memantau kondisi kesehatan dan konsumsi gizinya akan terus dipantau selama masa kehamilan sampai dengan setelah kelahiran. 

"Program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng bisa dipakai untuk mendeteksi berapa orang hamil, berapa yang bermasalah. Sehingga bisa mendapatkan perlakuan khusus kepada ibu hamil," ujarnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Brebes Narjo yang hadir dalam acara tersebut menyambut baik adanya Rumah Anak Sigap dan berharap keberadaanya akan memberikan manfaat bagi pemerintah kabupaten dan masyarakat Brebes. Khususnya dalam menekan AKI, AKB dan Stunting. 

"Kita berharap dengan adanya Rumah Anak Sigap ini bisa bermanfaat bagi Pemkab Brebes, khususnya dalam penekanan AKI dan AKB," singkatnya. 

Di tempat yang sama, Dewan Pembina Tanoto Fundation Anderson menyampaikan, Rumah Anak Sigap adalah salah satu wujud dari kemitraan antara Tanoto Foundation dengan pemerintah kabupaten dalam menerapkan program Sigap. 

Dengan tujuan untuk memastikan anak usia dini bertumbuh kembang sesuai dengan usia mereka, bebas dari malnutrisi dan stunting serta mempersiapkan anak-anak untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar. 

Seperti diketahui, di Jateng sendiri akan dibangun di empat wilayah yaitu Brebes, Banyumas, Tegal dan Semarang. 

Diharapkan dengan empat Rumah Anak Sigap tersebut dapat mendukung penurunan angka stunting di Jawa Tengah. (ded/ima)

Sumber: radartegal.com