Bangkitkan Perekonomian Nasional, KemenKopUKM Pastikan 30% Ruang Promosi Infrastruktur Publik Terpenuhi

Bangkitkan Perekonomian Nasional, KemenKopUKM Pastikan 30% Ruang Promosi Infrastruktur Publik Terpenuhi

TINJAU- MenKopUKM dan Gubernur Jateng saat meninjau pelaku UMKM di Rest Area KM 260B Banjaratma, Brebes, Jumat (15/7).-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

Misalnya, di M Bloc yang tiap harinya telah sukses menjaring 11 ribu pengunjung atau hampir sama dengan jumlah kunjungan mall besar. Kemudian ada juga Pos Bloc, Fabriek Bloc, dan Sarinah yang juga menjaring pengunjung hingga 41 ribu. 

Menteri Teten menyebut, kekuatan ekonomi Indonesia terletak pada penguatan UMKM. Di tengah ancaman krisis pada ekonomi global, UMKM terbukti tangguh dari krisis ke krisis. 

"Bagaimana UMKM kita dampingi dan beri space. Maka mereka tangguh. UMKM tak lagi ditempatkan sebagai buffer tetapi sebagai ekonomi subsisten, yakni sebagai fondasi ekonomi nasional," terangnya. 

Ke depan, kata MenKopUKM, diharapkan rest area seperti ini dapat terus bertumbuh di berbagai kota, sebagai ruang usaha bagi UMKM minimal 30 persen pada infrastruktur publik. Sehingga dapat menambah destinasi pariwisata, dan meningkatkan ekonomi masyarakat lokal. 

Untuk itu, Menteri Teten mengajak seluruh pihak bahu-membahu menciptakan ekosistem usaha yang kondusif bagi UMKM dan koperasi. 

"Mari kita berbelanja produk lokal, guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," katanya. 

Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan, sebelum rest area ini dibangun seperti saat ini, situasinya lebih seperti bangunan yang terbengkalai. 

Namun setelah dibangun, Rest Area  KM 260B Banjaratma menjelma menjadi destinasi wisata belanja dan kuliner. 

“Sebelum dibangun sempat jadi rumah hantu, tapi sekarang sudah cantik sekali penataannya. Bahkan ke depan area ini akan diisi juga dengan seni pertunjukan hingga event-event menarik,” ujarnya. 

“Semoga kerja sama ini memiliki manfaat yang baik selanjutnya. Dan kami siap membantu UMKM," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: