Pemudik yang Belum Divaksin Booster Tetap Bisa Masuk Kota Solo, Tak Perlu Putar Balik

Pemudik yang Belum Divaksin Booster Tetap Bisa Masuk Kota Solo, Tak Perlu Putar Balik

Meski pemerintah mewajibkan vaksin Covid-19 booster kepada mudik, Pemkot Solo tetap mengizinkan pemudik masuk ke kota di ujung selatan Jawa Tengah itu. Asal, mereka langsung menuju sentra vaksinasi Graha Wisata Niaga untuk mendapatkan vaksin booster.

Kelonggaran ini diberlakukan bagi para pemudik yang hendak memasuki Kota Solo di musim mudik lebaran 2022 nanti. Vaksinasi tersebut ditujukan ke semua pemudik ber-KTP seluruh Indonesia.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa mengatakan, Pemkot Solo akan berkoordinasi pihak terminal dan stasiun untuk mendata kedatangan pemudik.

"Kami tidak akan menolak pemudik yang terlanjur sampai di Solo. Wis tekan kene, masak dikon balik. Nanti langsung di-booster saja kalau belum lengkap," ujar Teguh dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng, Senin (4/4).

Ditambahkan Teguh, layanan vaksinasi selama Ramadhan selain untuk melayani masyarakat Solo juga untuk memfasilitasi vaksin booster bagi pemudik yang belum lengkap.

"Sentra vaksinasi di Graha Wisata Niaga akan buka sampai menjelang Lebaran," tuturnya.

Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Surakarta Ahyani menambahkan,  Pemkot Surakarta tidak akan membatasi pemudik ke Kota Solo. Meski begitu, terkait aturan mudik tetap mengikuti pemerintah pusat.

"Yang terpenting protokol kesehatan utamanya memakai masker harus dipatuhi. Bagi masyarakat Solo juga pemudik yang belum booster bisa datang ke sentra vaksinasi di Graha Wisata Niaga untuk seluruh KTP di Indonesia," pungkasnya. (rmol/zul)

Sumber: