Ngeri! Buaya Sepanjang 2,5 Meter di Sungai Kuripan Pekalongan Berhasil Ditangkap, Sisa Tiga Ekor Lagi

Ngeri! Buaya Sepanjang 2,5 Meter di Sungai Kuripan Pekalongan Berhasil Ditangkap, Sisa Tiga Ekor Lagi

Miftahudin, warga di Kelurahan Kuripan Kertoharjo Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan butuh dua hari untuk menangkap seekor buaya. 

Buaya muara sepanjang 2,5 meter itu dia tangkap di Sungai Kuripan dengan menggunakan umpan seekor ayam, Jumat (7/1) pagi.

Diceritakan Miftakhudin, binatang melata itu pertama kali dilihat muncul ke permukaam Sungai Kuripan, Kamis (6/1), persisnya di belakang peternakan ayam.

Melihat kemunculan buaya yang mengejutkannya itu, Miftahudin bersama temannya sesama karyawan peternakan, lalu memasang perangkap dengan menggunakan pancing.

“Kemarin pukul 05.00 saya pancing pakai seekor ayam, saya kasih tambang. Nah tadi pagi saya lihat buaya memangsa ayam," katanya, seperti dilansir radarpekalongan.co.id. 

Bersama empat rekannya, buaya itu kemudian diikat dan menariknya ke darat. Oleh warga, penangkapan buaya itu kemudian dilaporkan ke anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat, Damkar dan Penyelamatan, serta Polsek Pekalongan Selatan. 

Petugas Damkar bersama anggota kepolisian dan Babinsa selanjutnya mengevakuasi buaya tersebut ke Mapolsek Pekalongan Selatan.

Petugas Damkar dan Penyelamatan Kota Pekalongan, Yudha, menjelaskan awalnya pihaknya mendapat informasi dari warga tentang adanya seekor buaya yang ditangkap.

Menurutnya, buaya tersebut diduga merupakan satu dari beberapa ekor buaya yang sering muncul di Sungai Kuripan.

"Menuurt informasi warga masih ada sekitar tiga ekor lagi di sekitar situ. Nanti kita akan koordinasi dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Air) untuk langkah selanjutnya,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Pekalongan Selatan Kompol Basuki Budi Santoso menambahkan bahwa pihaknya mendapat amanat untuk mengamankan sementara seekor buaya yang ditangkap warga itu. “Sementara kami amankan di Polsek dulu sambil menunggu petugas BKSDA,” katanya.

Pihaknya mengimbau kepada warga untuk berhati-hati ketika berada di sekitar sungai yang menjadi lokasi tertangkapnya buaya tersebut karena diduga masih ada dua sampai tiga ekor buaya lagi di sekitar likasi yang sama. (way/sul)

Sumber: