Puluhan Ibu Melahirkan Dilaporkan Meninggal Karena Terpapar Covid-19, Anggota Dewan Bilang Begini

Puluhan Ibu Melahirkan Dilaporkan Meninggal Karena Terpapar Covid-19, Anggota Dewan Bilang Begini

Anggota Komisi IV DPRD Brebes menyoroti banyaknya kasus Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI dan AKB) di Brebes. 

Apalagi, hingga minggu kedua bulan Agustus ini, ada 76 ibu melahirkan yang meninggal dunia. Sebanyak 31 orang di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19. 

Anggota Komisi IV DPRD Brebes Moh. Rizki Ubaidilah mengatakan, pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap tingginya kasus AKI dan AKB di Kabupaten Brebes. 

Selain AKI yang tinggi, AKB di Kabupaten Brebes juga jumlahnya lebih banyak. Tercatat ada 147 bayi meninggal dunia sejak awal tahun 2021 hingga sekarang. 

"Jelas banyaknya AKI dan AKB ini menjadi perhatian bersama. Apalagi, puluhan ibu yang melahirkan dilaporkan meninggal dunia karena terpapar Covid-19," jelasnya. 

Rizki Ubaidilah menerangkan, pihaknya meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes agar bisa lebih menekan AKI dan AKB. 

Menurutnya, AKI dan AKB harus bisa ditekan. Apalagi saat ini masih pandemi Covid-19. Pihaknya meminta, kematian ibu melahirkan akibat terpapar Covid-19 harus menjadi perhatian bersama. 

"Memang saat ini kita masih fokus dalam penanganan Covid-19. Tapi di sisi lain, AKI dan AKB di Brebes itu tertinggi di dunia. Itu Plt Kepala Dinas Kesehatan sendiri yang ngomong saat rapat dengan kita. Jadi ini harus menjadi perhatian bersama untuk menekan angka-angka itu," ungkapnya. 

Selain AKI dan AKB yang cukup tinggi, stunting di Kabupaten Brebes juga menurut UKI, harus menjadi perhatian bersama. Menurutnya, yang menjadi perhatian Pemkab Brebes bukan hanya pandemi Covid-19. Kedua kasus tersebut juga perlu mendapatkan perhatian serius. Sebab, selama ini Pemkab Brebes hanya fokus menangani Covid-19. 

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. Rudi Pangarsani Utami membenarkan bahwa jumlah AKI dan AKB di Brebes per Agustus 2021 cukup tinggi. Untuk AKI tercatat ada 76 ibu meninggal, dan 31 orang di antaranya terkomfirmasi Covid-19. Sedangkan untuk AKB jumlahnya mencapai 147 bayi meninggal. 

Namun, Rudi belum berkomentar terkait jumlah AKB yang begitu tinggi tersebut kaitannya dengan Covid-19. Dari 147 bayi yang meninggal sejak awal tahun 2021, belum ada kepastian apakah ada faktor bayi yang meninggal karena terkonfirmasi positif Covid-19 atau tidak (karena faktor lain). 

"Yang jelas memang di Brebes untuk AKI mencapai  76 orang, 31 di antaranya meninggal karena terkonfirmasi Covid-19. Kalau AKB itu ada 147," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: