TNI AL Gelontorkan Puluhan Ribu Dosis Vaksin ke Pemkab Tegal

TNI AL Gelontorkan Puluhan Ribu Dosis Vaksin ke Pemkab Tegal

TNI Angkatan Laut bakal menggelontorkan 20.000 dosis vaksin ke Pemerintah Kabupaten Tegal. Kegiatan vaksin massal akan dibagi di tiga lokasi, GOR Trisanja, Kalibakung Kecamatan Balapulang dan Larangan Kecamatan Kramat.

Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Kolonel Laut (P) Imam Purwanto mengatakan, upaya untuk meningkatkan target capaian sasaran vaksinasi di Kabupaten Tegal terus dilakukan. 

Salah satunya dengan menjalin kolaborasi antara Pemkab Tegal dengan TNI Angkatan Laut yang rencananya akan melakukan serbuan 20.000 dosis vaksin Covid-19 pada tanggal 18-19 Agustus 2021 mendatang. 

TNI AL dan Pemkab Tegal menggelar rapat koordinasi selama dua hari pada Kamis sampai Jumat (12-13/8). 

Vaksinasi tersebut diutamakan untuk calon penerima dosis pertama yang berusia 18 tahun ke atas. Rencananya, pelaksanaan vaksinasi ini akan berlangsung di tiga tempat, yakni GOR Trisanja di Kecamatan Slawi, Kalibakung di Kecamatan Balapulang dan Larangan di Kecamatan Kramat dari pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB. 

"Guna mencegah terjadinya kerumunan, peserta diharuskan mendaftarkan dirinya secara daring dengan menyertakan nomor telepon seluler yang aktif untuk menerima pesan jadwal penyuntikan," katanya. 

Dengan begitu, tambah Kolonel Laut (P) Imam Purwanto, waktu kedatangan calon penerima vaksinasi lebih bisa dikendalikan.
Teknis pendaftaran akan diinformasikan menyusul, termasuk kemungkinan penjaringan peserta yang tidak bisa mendaftar secara online yang itu dikoordinir RT, RW maupun pemerintah desa.

Sedangkan Sekda  Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan vaksinasi massal ini. Menurutnya, dari 1,59 juta penduduk Kabupaten Tegal, 1,22 juta orang diantaranya adalah kelompok sasaran vaksinasi Covid-19. 

Dari 1,22 juta kelompok sasaran vaksinasi, baru 11,96 persennya saja yang sudah mendapatkan suntik vaksin pertama dan 7,03 persen untuk vaksin dosis kedua.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji mengungkapkan jika pelaksanaan serbuan vaksinasi ini jadi dilaksanakan secara terpisah di tiga tempat.

GOR Trisanja diperuntukkan bagi peserta dari Kecamatan Slawi, Adiwerna, Talang Dukuhwaru, Pangkah, Jatinegara, Lebaksiu, Kedungbanteng, Pagerbarang, dan Dukuhturi.

Sedangkan untuk Kalibakung akan melayani peserta dari Kecamatan Balapulang, Bumijawa, Bojong, dan Margasari. 

Sedangkan Larangan akan melayani peserta dari Kecamatan Warureja, Suradadi, Kramat, dan Tarub. Adapun soal pendaftaran vaksinasi, pihaknya sedang mempersiapkan mekanisme pendaftarannya. 

Dinkes masih membahas mekanisme pendaftarannya, apakah lewat online saja atau bisa offline secara kolektif yang dikoordinir rukun tetangga dan rukun warga. 

Sumber: