Demi Cari Kerja di Jakarta, Pemuda di Kabupaten Tegal Rela Ikut Vaksin Massal

Demi Cari Kerja di Jakarta, Pemuda di Kabupaten Tegal Rela Ikut Vaksin Massal

Selain untuk kekebalan tubuh, vaksin Covid-19 juga dibutuhkan masyarakat untuk syarat masuk kerja. Hal itu terlihat saat pelaksanaan vaksinasi massal di Balai Desa Mulyoharjo Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal.

Salah satu warga Desa Mulyoharjo, Danu (23), Kamis (5/8) mengatakan, tidak sedikit para pemuda yang mendatangi balai desa untuk mendapatkan suntik vaksin yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Pagerbarang. Dirinya suntik vaksin ini untuk syarat mencari pekerjaan di Jakarta.

"Rencananya setelah disuntik vaksin yang kedua, mau langsung merantau ke Jakarta. 
Semoga vaksin yang kedua bisa cepat dilaksanakan," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Mulyoharjo Abdul Basir menjelaskan, vaksinasi massal ini merupakan agenda pemerintah desa yang bekerjasama dengan Puskesmas Pagerbarang. Kali ini, kuota vaksin yang diperolehnya sebanyak 150 dosis. 

Jumlah itu disebutnya masih kurang karena warga yang mendaftar mencapai 280 orang. Mereka terpaksa batal divaksin karena stok vaksin terbatas. 

"Kalau jumlah penduduk di desa kami sekitar 3.500 jiwa. Sedangkan yang baru divaksin 200-an orang. Masih kurang banyak," tambahnya.

Dirinya tidak menampik, peserta vaksin di desanya mayoritas para pemuda. Mereka mengikuti vaksin selain untuk kekebalan tubuh, juga untuk melengkapi persyaratan mendaftar kerja dan administrasi kependudukan. 

Sebagian juga ada ibu rumah tangga, pedagang, petani dan karyawan swasta. Kabarnya, untuk vaksin tahap kedua akan dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2021. (guh/ima)

Sumber: