Kekurangan Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19, Dewan Desak Pemkab Brebes Rekrut Relawan

Kekurangan Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19, Dewan Desak Pemkab Brebes Rekrut Relawan

Saat ini, Tim Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19 di RSUD Kabupaten Brebes mengalami kewalahan dalam menangani pasien yang dilaporkan meninggal dunia. 

Menanggapi hal itu, DPRD Kabupaten Brebes meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes untuk melakukan perekrutan relawan tim pemulasaran jenazah pasien Covid-19. 

Seperti diketahui, saat ini angka pasien Covid yang dilaporkan meninggal dunia di Kabupaten Brebes masih terbilang tinggi. Hal ini membuat tim pemulasaran jenazah kewalahan. Ditambah, armada ambulans yang ada juga terbilang kurang. 

Anggota DPRD Kabupaten Brebes Tri Murdiningsih mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Diakuinya, hal itu membuat petugas pemulasaran harus bekerja ekstra, lantaran anggota yang terbilang minim itu. 

"Saya kasihan kepada petugas pemulasaran yang kewalahan akibat menangani jumlah pasien Covid-19 yang meninggal angkanya masih cukup tinggi. Karenanya, saya meminta kepada pemerintah untuk segera melakukan perekrutan relawan tim pemulasaran," ungkapnya, Senin (5/7). 

Menanggapi hal itu, Sekda Brebes Djoko Gunawan mengatakan, pihaknya tengah mengupayakan untuk mengatasi persoalan pengurusan jenazah Covid-19 di RSUD Brebes. Untuk petugas pemulasaraan jenazah, pihaknya meminta relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes untuk membantu mengurus jenazah Covid-19 di RSUD Brebes. 

"Kami juga sudah koordinasi dengan PMI terkait mobil jenazah di RSUD Brebes. PMI akan membantu dengan menerjunkan mobil ambulans untuk membantu mengantarkan jenazah Covid-19 sejauh dibutuhkan," terangnya. 

Djoko menyebutkan, untuk tenaga relawan BPBD Brebes, di wilayah selatan juga sudah diterjunkan untuk membantu mengurus jenazah Covid-19. Sementara untuk di wilayah utara, para relawan BPBD tengah disiapkan untuk membantu pemulasaran pasien Covid-19 yang meninggal dunia. 

"BPBD juga sudah siap menerjunkan beberapa relawannya untuk membantu petugas pemulasaran di RSUD Brebes," pungkasnya. (ded)

Sumber: