Minta Warga Menahan Diri Tak Keluar Rumah, Jokowi Tetap Pilih PPKM Mikro daripada Lockdown

Minta Warga Menahan Diri Tak Keluar Rumah, Jokowi Tetap Pilih PPKM Mikro daripada Lockdown

Lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 menjadi alarm bagi Pemerintah. Presiden Joko Widodo meminta semua pihak menahan diri tidak keluar rumah, kecuali ada kebutuhan mendesak.

"Saya minta satu hal yang sederhana saja. Tolong tinggallah di rumah jika tidak ada kebutuhan yang urgen," kata Jokowi dalam pernyataan pers di Jakarta, Rabu (23/6).

Dia menekankan penyebaran Covid-19 bisa dihentikan dengan langkah bersama. Kepala Negara meminta masyarakat di seluruh Indonesia berkontribusi dalam menerapkan aturan-aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Semua orang harus berperan serta. Semua warga harus berkontribusi. Tanpa kesatuan, kita tidak akan bisa menghentikan penyebaran Covid-19. Semoga Tuhan YME memberkahi kita semua," tutur Jokowi.

Dia juga menjelaskan mengapa pemerintah tetap memutuskan PPKM Mikro. Menurutnya, kebijakan PPKM Mikro masih paling tepat untuk mengendalikan Covid-19.

Alasannya, hal itu bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat. Keputusan itu diambil setelah pemerintah mempertimbangkan sejumlah opsi.

Jokowi mengaku menerima masukan dari berbagai pihak mulai dari PSBB hingga lockdown.

"Pemerintah telah mempelajari berbagai opsi penanganan Covid-19 dengan memperhitungkan kondisi ekonomi, kondisi sosial, kondisi politik di negara kita. Selain itu, pengalaman-pengalaman dari negara lain," papar Jokowi. (rh/zul/fin)

Sumber: