Ibu dan Bayinya yang Baru Berumur Tiga Hari di Tegal Positif Covid-19

Ibu dan Bayinya yang Baru Berumur Tiga Hari di Tegal Positif Covid-19

Seorang ibu dan bayinya yang baru beberapa hari dilahirkan, diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya diduga terpapar di rumah saat banyak orang atau tetangga yang datang menengoknya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari mengatakan bayi itu lahir, Senin (5/4) lalu, dan dua hari kemudian diperbolehkan pulang ke rumahnya. Sayangnya, Kamis (8/4), bayi menderita demam sehingga kembali dibawa ke rumah sakit.

"Setelah dilakukan tes swab, ternyata hasilnya positif COVID-19,” katanya.

Menurut Prima, selain bayi itu, ibunya juga dinyatakan positif Covid-19, setelah menjalani swab PCR. Namun, sang ibu tak mengeluhkan gejala-gejala klinis.

"Keduanya masih dirawat di rumah sakit. Kondisinya sudah membaik. Kalau awal demam, suhu mencapai 39,5 derajat celcius sekarang sudah turun 36 derajat celcius,” jelasnya.

Terkait itu, ujar Prima, pihaknya telah melakukan tracing dengan mengambil swab kontak eratnya, termasuk sang ayah bayi itu. Adapun hasil swab PCR ayahnya belum keluar.

Menurut Prima, dirinya menduga, bayi tersebut terpapar saat di rumah, karena mungkin banyak orang yang menengoknya. Prima mengingatkan protokol pencegahan penularan Covid-19 harus terus dilaksanakan.

Prokes 5M harus tetap dijalankan, memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, mengurangi kerumunan dan mobilitas. (muj/zul)

Sumber: