Tanah Bergerak, Empat Rumah di Kabupaten Tegal Terancam Tertimbun Longsor

Tanah Bergerak, Empat Rumah di Kabupaten Tegal Terancam Tertimbun Longsor

JATINEGARA - Bencana alam tanah bergerak terjadi di Desa Wotgalih RT 03 RW 03 Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Hal itu mengakibatkan satu rumah rusak dan 4 rumah terancam tertimbun longsor. 

Kepala Desa Wotgalih Warji, Sabtu (3/4) mengatakan, ada satu rumah warganya yang rusak milik Pak Dasman. Rumahnya nyaris roboh. Tanah bergerak itu karena di wilayah tersebut kerap diguyur hujan deras. Bahkan, durasinya bisa mencapai 12 jam meski hanya gerimis. 

"Praktis, tanah tebing yang berada di kaki Gunung Slamet itu bergerak dan mengakibatkan rumah warga rusak. Di sini tanahnya labil, sehingga mudah bergerak," katanya.

Dalam kondisi darurat itu, tambah Warji, pihaknya mengajak perangkat dan lembaga desa serta masyarakat untuk bergotong-royong memperbaiki rumah korban. Termasuk membuat tanggul yang terbuat dari karung berisi tanah dan diletakkan di sekitar rumah korban yang rawan longsor. Sebab, jika rumah itu longsor, dapat mengancam empat rumah lainnya. 

"Ada empat rumah yang terancam tertimbun longsor. Karena itu, kami membuat tanggul supaya tanah ini tidak longsor," tambahnya.

Sebagai kepala desa, lanjut Warji, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial Kabupaten Tegal yang telah memberikan bantuan kepada korban berupa uang tunai dan sembako untuk warga yang rumahnya terkena bencana. (guh/ima)

Sumber: