Pembakaran Rumah dan Mobil di Pemalang Bermula Perselisihan Usaha Rental Mobil Kakak Beradik, Polisi Mediasi K

Pembakaran Rumah dan Mobil di Pemalang Bermula Perselisihan Usaha Rental Mobil Kakak Beradik, Polisi Mediasi K

Peristiwa terbakarnya rumah dan mobil yang disebabkan permasalahan keluarga akhirnya telah selesai secara kekeluargaan setelah dimediasi oleh Polsek Pulosari Polres Pemalang dan Pemerintah Desa Pulosari, Rabu (17/2) malam.

Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengungkapkan, pihaknya memberikan kesempatan pada pelapor dan pelaku untuk menyelesaikan permasalahan melalui mediasi karena seluruh pihak yang terlibat masih dalam satu keluarga.

Menurut Ronny, kejadian tersebut diduga berawal dari perselisihan terkait usaha rental mobil antara pelaku S (51) dan adik kandungnya K (48).

"Mobil yang dibakar adalah milik bersama antara S dan K, keduanya juga telah saling memaafkan dan mengikhlaskan," jelas Ronny.

Dia menilai, langkah yang ditempuh oleh Polsek Pulosari merupakan salah satu wujud transformasi kepolisian menuju presisi sesuai kebijakan Kapolri.

"Pada kasus ini, Polres Pemalang mengedepankan restorative justice dengan memberikan kesempatan pada pelapor dan pelaku untuk menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan," katanya. 

Saat itu, pelaku juga telah meminta maaf dan menyesali perbuatannya. Pelaku juga berjanji tidak mengulangi perbuatanya. Sementara, ayah kandung pelaku dan adiknya juga telah memaafkan perbuatan pelaku dan tidak akan menuntut secara hukum.

"Ini merupakan masalah keluarga, sehingga kami sepakat untuk menyelesaikan permasalahan ini secara kekeluargaan," kata sang ayah.

Meskipun sebagian rumahnya telah hangus terbakar, dia juga telah mengikhlaskan dan tidak menuntut ganti rugi pada pelaku yang merupakan anaknya. (sul/ima)

Sumber: