Tanah Longsor di Bojong dan Bumijawa, 3 Rumah Tertimbun dan 9 Orang Terluka

Tanah Longsor di Bojong dan Bumijawa, 3 Rumah Tertimbun dan 9 Orang Terluka

Bencana tanah longsor di wilayah Kecamatan Bojong dan Bumijawa menyebabkan tiga rumah warga tertimbun longsor. Meski tidak ada korban jiwa, bencana tanah longsor juga menyebabkan 9 orang mengalami luka-luka.

Sekretaris Abdimas dan Humas Kwarcab Tegal Teguh Herdi Nurcahyo, Selasa (16/2) mengatakan, peristiwa tanah longsor terjadi tidak bersamaan. 

Di Desa Rembul Kecamatan Bojong, satu rumah yang tertimbun longsor milik pasangan suami istri Sein dan Saroh. Kejadian itu terjadi pada Senin (15/2) sekitar pukul 05.10 WIB. Tidak ada korban jiwa maupun luka. Pemilik rumah hanya mengalami kerugian materi. Saat ini, pemilik rumah mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

Kemudian di Kecamatan Bumijawa ada dua rumah yang tertimbun tebing longsor. Dua rumah itu berlokasi di Desa Bumijawa dan Guci. 

"Untuk korban di Desa Bumijawa namanya Wahidin. Rumahnya rusak karena tertimbun tebing longsor setinggi sekitar 10 meter. Itu terjadi pada hari Sabtu (13/2) sekitar pukul 04.30 WIB dan tidak ada korban jiwa maupun luka," katanya. 

Adapun rumah terkena longsor yang ketiga, tambah Teguh Herdi Nurcahyo, berlokasi di Desa Guci. Rumah tersebut milik Rojikin dan Musafak. Bagian dapur mengalami rusak parah karena tertimbun tebing yang longsor. 

Bahkan, 9 orang mengalami luka-luka karena tertimpa material longsor. Dari 9 orang itu, 4 di antaranya merupakan anggota Sibat Guci yang sedang mengevakuasi para korban. Sedangkan 5 orang lainnya, merupakan keluarga korban. Waktu itu, anggota Sibat hendak memindahkan peralatan dapur yang sudah tertimbun longsor. 

"Tiba-tiba ada longsor susulan dan menerjang mereka. Termasuk lima orang pemilik rumah juga mengalami luka-luka," tambahnya.

Peristiwa itu terjadi, lanjut Teguh Herdi Nircahyo, pada Jumat (12/2) sekitar pukul 21.00 WIB hingga 23.00 WIB. Kala itu, Desa Guci diguyur hujan deras dengan waktu yang cukup lama. Sehingga talut sungai kecil di belakang rumah korban longsor dan menimpa dapur rumahnya. 

Tebing di belakang rumah juga longsor yang mengakibatkan peralatan dapur rusak semua. Saat ini para korban sudah mendapatkan perawatan di puskesmas. Kondisinya sudah membaik. (guh/ima)

Sumber: