Jembatan Penghubung Desa Suru-Wanarata Pemalang Ambrol Tergerus Banjir

Jembatan Penghubung Desa Suru-Wanarata Pemalang Ambrol Tergerus Banjir

Jembatan Kali Cendana penghubung Desa Suru- Wanarata di Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang ambrol tergerus banjir. Jembatan tersebut selama ini menjadi akses utama warga Desa Suru saat hendak bepergian ke kota. 

Dari pantauan di lokasi, jembatan sepanjang 12 meter dan lebar 4,5 meter tersebut putus di sebelah timur. Badan jembatan ambruk hingga menjorok ke sungai. Sedangkan di sisi barat, jembatan mengalami keretakan.

Dikatakan Anwar, warga setempat, jembatan putus saat hujan lebat, Rabu (10/4) sore, sekitar pukul 16.00 WIB. Dia berharap agar jembatan segera mendapat penanganan karena selama ini jadi akses utama. 

"Warga semua lewat jembatan sini, ke kecamatan, kabupaten, ke kota ya lewatnya jembatan ini," katanya, di lokasi. 
 
Menurut Anwar, saat ini warga sedang bekerja bakti membersihkan jalur alternatif agar sementara bisa dilewati. Jalur alternatif yang digunakan merupakan semak-semak di bawah tebing. 

Perangkat Desa Wanarata Irwanto mengatakan, meski jembatan berada di perbatasan, yang paling terdampak adalah warga Desa Suru. Sedangkan bagi warga Wanarata jarang melintasi jembatan itu. 

"Kejadian serupa pernah terjadi sepuluh tahun lalu," katanya. 

Di lokasi jembatan, selain akses tersebut diportal dengan bambu, juga dipasang garis polisi. Anggota TNI-Polri hingga kini masih tampak berjaga-jaga di lokasi jembatan. (sul/ima)

Sumber: