Di Tengah Pandemi, KONI Brebes Terima Anggaran Rp3,2 Miliar

Di Tengah Pandemi, KONI Brebes Terima Anggaran Rp3,2 Miliar

Meski di tengah pandemi, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Brebes mendapatkan alokasi anggaran hibah tahun 2021 sebesar Rp3,2 miliar. Anggaran tersebut, untuk persiapan tiga event olahraga penting dari tingkat wilayah, provinsi hingga nasional. 

"Tahun ini kami (KONI) mendapatkan Rp3,2 miliar. Nilai tersebut sama dengan dana hibah tahun lalu," ungkap Ketua KONI Brebes Ahmad Zaeni melalui sekretarisnya, Tri Budi Hermanto, kemarin, usai rapat ploting anggaran cabang olahraga di Aula Kantor KONI Brebes. 

Dijelaskannya, alokasi anggaran yang diterima itu nantinya diperuntukkan bagi dana pembinaan atlet melalui setiap kecabangan olahraga, yang berjumlah 34 cabang olahraga. Alokasi anggaran itu, untuk tahun ini mayoritas mengalami kenaikan. Kendati demikian, ada juga beberapa cabang yang turun. 

"Dari anggaran tersebut juga kita akan menyiapkan alokasi untuk atlet yang berprestasi. Ini sebagai bentuk motivasi bagi mereka," ucapnya 

Selain itu untuk alokasi di atas, anggaran yang diperoleh juga untuk kesiapan tiga event penting di tahun 2021. Yakni, pekan olahraga Dulongmas yang rencananya digelar Oktober mendatang, Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng yang rencananya dilaksanakan November dan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, September mendatang. 

"Anggaran yang kami terima juga difokuskan untuk persiapan tiga event ini, Dulongmas, Pra Kualifikasi Porprov dan PON. Kami harapkan cabang olahraga untuk mengakomodir persiapan Dulongmas di Pekalongan dan Pra Kualifikasi Porprov di Pati," ujarnya. 

"Khusus persiapan PON Papua, Brebes telah meloloskan sejumlah atletnya untuk memperkuat kontingen Jateng. Di antaranya, cabang hoki atlet Brebes lolos 2 orang, dari senam lolos 3 atlet dan dari gulat 1 atlet dan peluang lain dari cabang renang, yang saat ini masih tahap seleksi," pungkasnya.(ded/ima)

Sumber: