31 Bunda PAUD di Kota Tegal Dikukuhkan, Roro Kusnabilla: Harus Bisa Bersinergi dengan Pemerintah

31 Bunda PAUD di Kota Tegal Dikukuhkan, Roro Kusnabilla: Harus Bisa Bersinergi dengan Pemerintah

Puluhan bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dikukuhkan pada Kamis (28/1) siang di gedung Adipura Komplek Balai Kota Tegal. Setelah dilantik, diharapkan mereka dapat berkiprah demi terbentuknya generasi yang cerdas, kreatif dan tangguh di masa yang akan datang. 

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Johardi mengatakan, dirinya merupakan salah satu orang yang menganggap penting pendidikan yang baik bagi anak-anak balita. Pada usia dini, anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dan tidak tergantikan di masa mendatang. 

"Semua pihak bertanggungjawab terhadap baik buruknya generasi masa depan dan pendidikan usia dini mutlak harus terus berlangsung, karena hal tersebut merupakan kunci kesuksesan generasi masa datang," ujarnya. 

Dirinya pun optimistis, PAUD akan semakin maju dengan semakin banyaknya pihak yang mendukung program ini. Karenanya, dia mengajak segenap komponen mengupayakan yang terbaik untuk kemajuan pendidikan anak-anak generasi penerus. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Ismail Fahmi mengatakan, pengukuhan ini untuk memotivasi dan memudahkan Bunda PAUD di tingkat kecamatan dan kelurahan dalam melaksanakan tugas dan perannya di wilayah masing-masing. Selain itu, juga sebagai salah satu layanan minimal pendidikan yang wajib disediakan oleh Pemerintah Daerah untuk peran pendidikan dasar bagi anak usia 5 tahun sampai 6 tahun. 

"Itu sesuai dengan amanat peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 32/2018, tentang standar teknis pelayanan minimal pendidikan," tandasnya. 

Bunda PAUD Kota Tegal Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon mengucapkan selamat kepada semua yang baru saja dikukuhkan. Dirinya bangga dan berbahagia karena mulai sekarang dapat bekerja sama dalam mengupayakan kemajuan pendidikan anak usia dini. 

"Saya yakin para bunda semua mampu mengemban tugas mulia ini dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan," tuturnya. 

Roro berharap, setelah dilantik segera membentuk kelompok kerja. Agar dapat langsung berkiprah secara maksimal. 

“Bunda PAUD harus bisa bersinergi dengan pemerintah maupun organisasi PAUD dan seluruh elemen masyarakat agar semua anak usia dini dapat dilayani di lembaga PAUD yang memenuhi standar nasional usia dini,” pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: