BPBD Kabupaten Tegal Siapkan Anggaran Perbaikan Jalan Longsor di Desa Dermasuci

BPBD Kabupaten Tegal Siapkan Anggaran Perbaikan Jalan Longsor di Desa Dermasuci

 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal akan menyiapkan anggaran untuk menangani jalan yang longsor di Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah. 

Rencananya, perbaikan jalan akan dilakukan dalam waktu dekat agar masyarakat tidak terganggu transpotasinya. 

Kepala BPBD Kabupaten Tegal Jaenal Dasmin, Sabtu (5/12) mengatakan, nantinya 
akan disiapkan anggaran tetapi melihat dulu anggarannya berapa. Saat ini, tim kaji cepat dari BPBD sedang melakukan assesment dan menghitung kebutuhan anggaran. Tim kaji cepat melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 

"Intinya kalau anggarannya tidak banyak, kita bisa mengalokasikan. Tapi kita tidak bisa janji, karena anggaran kita juga direfocusing untuk penanganan Covid-19," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Dermasuci Mulyanto menghendaki agar jalan yang longsor itu secepatnya diperbaiki. Sebab jika tidak ditangani, dikhawatirkan ada longsor susulan dan mengancam 4 rumah warga di lokasi. Bahkan, jalan kabupaten yang membentang di desa tersebut terancam putus. 

"Ada empat rumah warga yang terancam. Maka harus secepatnya diperbaiki," ucapnya.

Jalan penghubung antarpendukuhan di Desa Dermasuci, lanjut Mulyanto, longsor. Kendati tidak ada korban jiwa, tetapi bencana itu mengakibatkan aktivitas warga terganggu. Jalan yang longsor itu bermula saat di wilayah tersebut diguyur hujan. Kemudian mendadak jalan yang menuju ke Pedukuhan Jenawi itu longsor. Jalan yang longsor panjangnya sekitar 30 meter dan lebar 10 meter. Sedangkan kedalamannya antara dua meter hingga tiga meter. Akibat longsor itu, aktivitas warga terganggu. Rumah yang berada di lokasi juga terancam ambruk. (guh/ima)

Sumber: