Soal Vaksin Covid-19, Pemkot Tegal Mulai Siapkan Petugas di Puskesmas

Soal Vaksin Covid-19, Pemkot Tegal Mulai Siapkan Petugas di Puskesmas

Meski jumlah kuota vaksin Covid-19 yang akan diterima belum diketahui, tetapi Pemerintah Kota Tegal sudah melakukan persiapan. Di antaranya, dengan menyiapkan petugas yang akan memberikan vaksin di puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui kapan dan jumlah vaksin yang akan diterima. Namun, langkah antisipasi sudah dilakukan.

"Untuk vaksinisasi sudah disiapkan petugas tiap fasilitas kesehatan seperti puskesmas," katanya.  

Selain kuota, kata Prima, kategori sasaran yang diprioritaskan untuk diberikan vaksin juga belum ada informasi. 

"Kami belum bisa menyampaikan penjelasan secara detail terkait pemberian vaksin ini," ujarnya 

Sebelumnya, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu vaksin Covid-19. Dia pun berharap, awal 2021 sudah tersedia di seluruh rumah sakit dan puskesmas.

"Mungkin akhir tahun nanti sudah dilaunching, dan Januari insya Allah sudah ada‎ di rumah sakit-rumah sakit," kata Dedy Yon.

Meski begitu, kata Dedy Yon, dirinya tetap meminta masyarakat untuk selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. Sebab, ujian di masa pandemi ini belum berakhir.

Untuk diketahui, Pemprov Jawa Tengah dikabarkan akan menerima 21.525.000 dosis vaksin Covid-19 dari pusat. Nantinya akan ada pertemuan lebih lanjut yang akan membahas waktu dan teknis distribusinya. (muj/ima)

Sumber: