Dewan Apresiasi Pembukaan Rusunawa untuk Isolasi Mandiri

Dewan Apresiasi Pembukaan Rusunawa untuk Isolasi Mandiri

Langkah Pemkot Tegal memfungsikan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal mendapatkan apresiasi dari Anggota DPRD Triono. 

Menurut politisi PDIP itu, langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya pasien Covid-19.

"Untuk antisipasi karena membludaknya pasien Covid-19, Pemkot memang harus secepatnya menangani itu," katanya.

Namun, kata Triono, seyogyanya, selain menyiapkan tempat isolasi, pemkot juga perlu bersinergi dengan jogo tonggo. Sebab, merekalah yang bersentuhan langsung dengan dengan lingkungan.

"Jogo tonggonya juga harus kerja sama. Pemkot perlu memberikan sosialisasi kepada mereka karena langsung yang bersentuhan dengan penanganan di lingkungan," ujarnya.

Apalagi, kata Triono, kasus Covid-19 saat ini tengah naik. Karenanya, perlu didorong agar jogo tonggo bisa mendata warganya sehingga tim satuan tugas Covid-19 bisa menangani.

Kemudian, imbuh Triono, bagi warga yang menjalani isolasi perlu dilakukan pengawasan kesehatan. Serta diberikan kompensasi termasuk bantuan pangan.

"Jangan sampai dibiarkan saja. Harus diberikan kompensasi. Termasuk bantuan pangan," pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Tegal akhirnya memfungsikan rusunawa di Kelurahan Kraton Kecamatan Tegal Barat dan GOR Tegal Selatan sebagai tempat isolasi mandiri. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19. (muj/ima)

Sumber: