Rawan Kebakaran, Bupati Tegal Ingatkan Bahaya Instalasi Listrik Terbuka di Konstruksi Rumah Kayu

Rawan Kebakaran, Bupati Tegal Ingatkan Bahaya Instalasi Listrik Terbuka di Konstruksi Rumah Kayu

Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Akhmad Rofiqi menyalurkan bantuan untuk dua kepala keluarga yang mengalami musibah kebakaran rumah di Desa Cikura Kecamatan Bojong. 

Adapun bantuan tersebut berupa uang tunai sebesar Rp7,5 juta untuk masing-masing korban yang diberikan kepada Taryu (70) dan ishak (46). 

Umi Azizah, Jumat (27/11) berpesan agar warga di sekitar lokasi musibah bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Terutama soal kehati-hatian dan kesadaran warga membangun instalasi listrik yang aman terutama pada konstruksi bangunan kayu. 

Belakangan diketahui kebakaran tersebut disebabkan oleh hubungan arus pendek. Meski bantuan tersebut belum sebanding dengan nilai kerugian material, dirinya berharap bisa diterima dan disyukuri. 

“Kita tentu tidak berharap adanya musibah kebakaran ini. Namun, bila ini sudah menjadi kehendak Tuhan, tentu kita harus bisa menerimanya dengan ikhlas," katanya.

Bantuan ini, tambah Umi Azizah, sifatnya hanyalah stimulan.

"Sekedar meringankan beban bagi para korban dan semoga bermanfaat. Karena musibah ini adalah pengingat bagi semua sebagai makhluk sosial, momentum bagi semua warga agar lebih peduli dan saling berbagi, bergotong royong membantu sesama," ujar Umi. 

Ketika ditinjau, kondisi rumah bekas kebakaran sudah mulai dibangun dengan gotong royong warga sekitar, dengan menggunakan dana dan material bantuan lain. Sedangkan untuk sementara, pemilik rumah menghuni tenda yang disiapkan oleh pemerintah desa dan sebagian di rumah warga sekitar. (guh/ima)

Sumber: