Kasus Covid-19 di Kota Tegal Meningkat, Tes Swab Sehari Sampai 200 Orang

Kasus Covid-19 di Kota Tegal Meningkat, Tes Swab Sehari Sampai 200 Orang

Meningkatnya kasus positif Covid-19 yang meningkat belakangan ini mendapatkan sorotan dari pimpinan DPRD Kota Tegal. Dewan berharap ada upaya dari tim satgas agar angkanya tidak naik secara tajam.

Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro mengatakan, saat ini sesuai instruksi gubernur Jawa Tengah, pemkot secara masif melakukan tes swab. Bahkan dalam sehari bisa mencapai 200 orang.

"Sehingga, temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami peningkatan," katanya.

Karenanya, kata Kusnendro, perlu ada tindakan khusus, utamanya dari Tim Satgas Covid-19 untuk menekannya. Apalagi, kapasitas ruang isolasi rumah sakit saat ini hampir penuh sehingga perlu disiapkan ruang isolasi di luarnya.

"Pada awalnya disiapkan memang disiapkan tempat seperti GOR Tegal Selatan, rusunawa di Tegalsari dan Aula SUPM. Namun, karena dulu RS masih bisa menampung maka tidak digunakan," tandasnya.

Sehingga, ujar Kusnendro, maka perlu digelar rapat bersama untuk membahas langkah-langkah untuk menekan angka kenaikan. Termasuk langkah isolasi mandiri dan isolasi di rumah sakit perlu dibahas.

"Memang kemarin sudah dijadwalkan. Namun, karena sesuatu hal maka ditunda dan akan diagendakan kembali," jelasnya.

Selain itu, imbuh Kusnendro, juga akan dibahas sisa anggaran penanganan Covid-19 di 2020 yang ada di OPD maupun di belanja tidak langsung. Serta penganggaran di 2021.

"Kita juga ingin tahu, sisa anggaran penanganan Covid-19. Sekaligus, kita ingin tahu rencana anggaran 2021 mendatang," pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: