Dewan Minta Bantuan Rehab Masjid dan Musala Diaktifkan Kembali

Dewan Minta Bantuan Rehab Masjid dan Musala Diaktifkan Kembali

Setelah sempat terhenti sejak 2014, bantuan rehab masjid dan musala diminta untuk diaktifkan kembali. Selain itu, bantuan bagi lembaga pendidikan keagamaan juga diharapkan di anggarkan.

Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin mengatakan, pada 2009 hingga 2014, ada bantuan yang digelontorkan bagi masjid dan musala serta lembaga pendidikan keagamaan seperti TPQ. Karenanya, fraksinya telah mengusulkan kepada Pemkot Tegal, agar ada bantuan rehab masjid sebesar Rp25 juta dan musala Rp17,5 juta.

"Kemudian juga untuk bantuan keuangan madrasah dan TPQ," ujarnya.

Menurut Habib, bantuan bagi madrasah dan TPQ kisarannya antara Rp12,5 juta hingga Rp17,5 juta per tahun. Tergantung dari jumlah murid yang ada.

“Untuk TPQ yang siswanya di bawah 100 orang bantuannya Rp12,5 juta per tahun, 100-200 murid Rp15 juta, dan di atas 200 murid Rp17,5 juta,” jelasnya.

Menurut Habib Ali, bantuan itu sebelumnya pernah ada di 2009 hingga 2014, sampai akhirnya sempat berhenti. Karenanya, dirinya berharap agar nantinya bisa diaktifkan kembali.

"Itu bisa dilakukan dengan sistem giliran. Misalnya, yang berhak menerima bisa  bergantian dan harus sesuai mekanisme atau aturan yang terbaru," tandasnya. (muj/ima)

Sumber: