City Walk di Sepanjang Jalan A Yani Kota Tegal Bakal Segera Terealisasi

City Walk di Sepanjang Jalan A Yani Kota Tegal Bakal Segera Terealisasi

Wajah Jalan Ahmad Yani Kota Tegal bakal segera berubah menjadi kawasan city walk. Nantinya, di lokasi itu akan dipenuhi food truck yang menjajakan berbagai kuliner khas dan modern.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, penataan kawasan sepanjang Jalan Amad Yani tidak perlu studi kelayakan. Sebab, itu merupakan penyempurnaan dan penataan trotoar yang sudah ada. 

“Penataan trotoar Jalan Ahmad Yani sudah disusun konsepnya sejak 2019 dan dilakukan penyempurnaan tahun ini,” katanya.

Menurut Dedy Yon, kawasan itu nantinya akan dijadikan sebagai city walk Kota Tegal. Dengan kondisi existing jalan 16 meter terbagi menjadi beberapa bagian.

"Bagian-bagian itu yakni 2,5 meter sisi barat sebagai arena untuk food truck dan 3 meter sebagai pedestrian. Kemudian 5 meter sebagai jalan satu arah, 2,5 meter sisi timur sebagai arena untuk food truck dan 3 meter sebagai pedestrian," ujarnya.

Terkait PKL, kata Dedy Yon, akan diprioritaskan para pedagang yang sudah menempati lokasi dengan menyesuaikan perencanaan penataan PKL. Untuk mengatasi kemacetan juga sudah disiapkan rekayasa arus lalu lintas.

"Arus lalu lintas searah dari simpang Gili Tugel. Kemudian penutupan lokasi untuk wisata kuliner food truck dimulai pukul 15.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB," jelasnya. 

Terkait kantong parkir, Dedy Yon menambahkan, untuk pengunjung wisata kuliner, disediakan kantong-kantong parkir. Di antaranya di Jalan Setia Budi, D.I. Panjaitan, Veteran, Waru, Cemara, Jati, KH Zenal Abidin dan H.O.S. Cokroaminoto. 

"Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, dinas terkait sudah melakukan sosialisasi secara umum kepada masyarakat," tandasnya.

Dedy Yon menambahkan, pihaknya akan melakukan penataan PKL di Jalan Ahmad Yani dengan cara yang bijak agar bisa meningkatkan pemberdayaan UMKM di kawasan tersebut. 

Selain itu, pada tahun anggaran 2021 akan dilakukan pembuatan kawasan perdagangan di eks pabrik tegel untuk menampung PKL eks Alun-alun Kota Tegal. (muj/ima)

Sumber: