9 Kelurahan di Kota Tegal Rawan Bencana Banjir, Tiga Lainnya Rob

9 Kelurahan di Kota Tegal Rawan Bencana Banjir, Tiga Lainnya Rob

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama jajaran terkait melakukan pemetaan daerah rawan bencana. Hasilnya, sejumlah kelurahan di beberapa kecamatan berpotensi dilanda bencana banjir dan rob.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Andri Yudhi Setiawan mengatakan, hasil pemetaan yang dilakukan menunjukkan adanya 9 kelurahan berpotensi terjadi bencana banjir pada 2020-2021 akibat fenomena alam La Nina. Sembilan kelurahan itu 7 di Kecamatan Margadana dan 2 di Tegal Timur.

Yudhi merinci kesembilan kelurahan itu yakni Kaligangsa, Krandon, Cabawan, Margadana, Sumurpanggang Pesurungan Kidul Kalinyamat Kulon Kecamatan Margadana. Sedangkan di Kecamatan Tegal Timur yakni Mintaragen dan Panggung.

"Kalau di Kecamatan Margadana biasanya disebabkan limpasan Sungai Kemiri dan Polder Bayeman. Sementara di Tegal Timur dari Kaligung dan Ketiwon," ujarnya.

Selain limpasan, kata Yudhi, perlu juga diwaspadai banjir akibat air pasang (rob). Adapun kelurahan yang rawan bencana itu yakni di Pannggung dan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur serta Muarareja Kecamatan Tegal Barat.

"Untuk mengantisipasi, kita akan dirikan posko yang akan memantau perkembangan sehingga bisa dilakukan upaya penanggulangan," pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: