Tidak Ketahuan! Napi WN Cina yang Kabur Lewat Gorong-gorong Sudah Gali Lubang Sejak 6 Bulan Lalu

Tidak Ketahuan! Napi WN Cina yang Kabur Lewat Gorong-gorong Sudah Gali Lubang Sejak 6 Bulan Lalu

Mengejutkan! Narapidana narkoba asal Cina yang bernama Cai Chang Pan, alias Cai Ji Fan yang kabur dari lembaga permasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang ternyata sudah lama mempersiapkan usaha pelariannya. 

Hal ini terbukti dengan keberadaan lubang yang sudah digali sejak 6 bulan yang lalu.

Seperti diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Senin (21/9).

Keterangan itu didapat penyidik dari rekan pelaku yang satu sel di Lapas Tangerang.

“Dari keterangan awal teman yang bersangkutan satu sel. Dia sudah menggali sekitar  5-6 bulan (galian lubang),” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

Galian yang langsung tembus ke gorong-gorong itu, kata Yusri, digali menggunakan alat renovasi dapur yang tak jauh dari sel pelaku.

“Dia menggunakan alat yang sudah kita sita. Alat yang dia dapat dari dekat ada pembangunan dapur di situ,” ungkapnya dikutip dari Pojoksatu. 

Saat ini, lanjut Yusri, kini pihaknya tengah membentuk tim gabungan untuk melakukan pengejaran pelaku.

“Kita sudah membentuk tim bersama-sama untuk melakukan pengejaran. Dengan Tim Lapas Tangerang. Kita tidak bisa membeberkan seperti apa teknis yang dilakukan,” ungkap Yusri.

Kepala Lapas Klas I Tangerang Jumadi membenarkan adanya napi yang melarikan diri. Napi tersebut menggali lubang dari dalam lapas untuk bisa melarikan diri. Lubang tersebut rupanya terhubung dengan gorong-gorong di luar lapas.

“Benar ada napi yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang,” kata Jumadi, Jumat (18/9).

Cai Ji Fan merupakan narapidana narkoba yang divonis hukuman mati sejak tahun 2017 lalu. Dia diduga memanfaatkan kelengahan petugas sehingga dapat menggali lubang tanpa diketahui oleh petugas. (fir/pojoksatu/ima)

Sumber: