Dua Pemuda Bertato Kartun Nekat Edarkan Upal bersama Dua Rekannya

Dua Pemuda Bertato Kartun Nekat Edarkan Upal bersama Dua Rekannya

Jajaran Satreskrim Polres Tegal berhasil meringkus empat orang pria yang diduga mengedarkan uang palsu (upal) di wilayah Kabupaten Tegal dan sekitarnya. Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita ratusan lembar uang palsu pecahan Rp100.000.

Keempat pelaku yang diamankan masing-masing yakni Abdul Rizal (25), Rinto Wijoyo (37), Khoirul Umam Alhozali (35), dan Saepulah (20). Uniknya, dua pelaku memiliki tato tokoh kartun yakni Mario dan Doraemon di tangan kanan mereka.

Penangkapan pelaku bermula saat petugas berhasil menangkap salah seorang pelaku yang diduga melakukan pencurian sepeda motor. Tidak disangka, petugas malah berhasil membongkar sindikat peredaran upal.

Kapolres Tegal AKBP Muhammad Iqbal Simatupang melalui Kasatreskrim AKP Heru Sanusi mengatakan, dari hasil penyelidikan para pelaku memperoleh upal dengan cara membeli dari seseorang yang saat ini dalam pengejaran. Selanjutnya, uang itu digunakan pelaku untuk membeli sesuatu di warung-warung.

''Sebenarnya, karena kualitas kertasnya jauh lebih rendah, upal ini sangat mudah dikenali," katanya.

Menurut Heru, barang bukti yang berhasil diamankan masing-masing yakni dari pelaku Abdul Rizal sebanyak 50 lembar, Rinto Wijoyo 44 lembar, Khoirul Umam Alhozali dan Saepulah 101 lembar. Semuanya dalam bentuk pecahan Rp100.000

"Keempat pelaku yang kita amankan dari lokasi yang berbeda ini memiliki keterkaitan," tandasnya.

Sementara salah satu pelaku mengaku membeli upal itu dari seseorang. Dengan mengeluarkan uang Rp3 juta, dirinya mendapatkan Rp10 juta upal.

"Uangnya saya gunakan untuk membeli rokok dan lain-lain di warung," ujarnya. (muj/zul)

Sumber: