Kantongi Rekomendasi DPRD, Pemkot Tegal Akan Tingkatkan Kinerja Aparaturnya

Kantongi Rekomendasi DPRD, Pemkot Tegal Akan Tingkatkan Kinerja Aparaturnya

Pemkot Tegal akan berupaya selalu meningkatkan kinerja. Itu menyusul diberikannya rekomendasi DPRD terkait laporan keterangan pertanggungjawaban Wali Kota Tegal akhir tahun anggaran 2019, Selasa (7/7) kemarin.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan indikator makro juga dapat menjadi gambaran pencapaian suatu wilayah. Walaupun capaian indikator ini tidak lepas dari pengaruh arah dan kebijakan pembangunan nasional.

"Lima dari tujuh indikator makro pembangunan pada aspek kesejahteraan masyarakat di kota Tegal, yang meliputi laju pertumbuhan ekonomi, inflasi, persentase penduduk miskin, Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) telah mencapai target," katanya.

Sedangkan untuk indikator lain, kata Dedy Yon, yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM), target 75,89 merupakan target dengan penghitungan lama. Sehingga capaian sebesar 74,93 (penghitungan baru) masih dalam kategori baik meskipun belum memenuhi target. 

Sementara capaian tingkat pengangguran terbuka (tpt) belum mencapai target yaitu sebesar 8,07 persen dari target 7,75 persen. Untuk mencapai target yang saat ini belum tercapai, dibutuhkan kerja keras.

"Pemkot, telah berupaya maksimal untuk mencapai target kinerja. Meski demikian masih ada program yang belum tercapai optimal, untuk itu diperlukan kerja keras, kerja cerdas, secara komprehensif dan berkesinambungan pada tahun-tahun mendatang," tutur Dedy Yon.

Dedy Yon menambahkan komitmen terbaik selalu berupaya meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi serta semangat pengabdian guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Penilaian kinerja pada dasarnya merupakan wujud dari transparansi, akuntabilitas dan keterbukaan dalam pengelolaan organisasi, termasuk pengelolaan negara.

"Ini bisa diartikan pula penilaian kinerja merupakan bagian dari pelaksanaan good governance dan merupakan indikator berjalannya fungsi demokrasi,"jelasnya.

Menurut Dedy Yon, upaya mewujudkan pemerintah daerah yang baik ini, akan semakin bernilai positif. Dengan dukungan dan peran DPRD sebagai mitra kerja dalam melaksanakan fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan kebijakan pemerintahan daerah.

"Kami berharap, semoga kerja sama yang harmonis ini dapat mengawal kemajuan kota tegal dengan penuh semangat dan komitmen yang kuat," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro mengatakan setelah melakukan pembahasan terkait LKP, pihaknya memberikan sejumlah rekomendasi. Dirinya berharap agar itu segera ditindaklanjuti Pemkot Tegal.

"Kami berharap, rekomendasi yang sudah diberikan dapat segera ditindaklanjuti," tandasnya. (muj/zul)

Sumber: