Kisah Menginspirasi Top 20 Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas, dari Tantangan Hidup hingga Sukses Bangun Usaha

Rabu 08-10-2025,16:58 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

Kini tersisa 10 finalis yang dihadapkan dengan tantangan baru untuk menciptakan inovasi sebuah produk di episode kedua. Para Jagoan UMKM ditantang untuk mengembangkan produk baru dengan tema ‘Cinta Indonesia’ sekaligus membuat strategi pemasaran yang optimal.

Setiap peserta mempresentasikan produk yang mengangkat kekayaan budaya Indonesia, seperti Zenitha dengan hijab sablon motif rumah adat. Hirakiya yang memperkenalkan tas seni bordir motif Priangan, HomLiv yang menampilkan alat masak dengan sentuhan batik, serta DS Modest yang mengembangkan sajadah travel inovatif lengkap dengan tag kode QR untuk menentukan arah kiblat, serta gantungan kunci akrilik bermotif kekayaan Indonesia yang dapat dikustomisasi.

BACA JUGA: Bikin Heboh! Girl Group Hearts2Hearts Bintangi Iklan Terbaru Shopee 9.9 Super Shopping Day

BACA JUGA: Mau Belanja Dapat Untung Banyak Tiap Hari? Yuk Jadi Bagian dari ShopeeVIP

Ketegangan pun semakin memuncak dengan hadirnya Haykal Kamil, Creativepreneur & Founder of ZM Zaskia Mecca, yang menjadi juri tamu dan menilai serta memberikan insight, khususnya kepada Dthree yang menampilkan abaya dengan sentuhan motif batik di tangan.

Setelah meraih Golden Star di episode 1, Dthree kini dihadapkan dengan kenyataan bahwa penampilannya di episode 2 tidak sesuai dengan ekspektasi tinggi para juri. Haykal sebagai pemilik bisnis fesyen muslim yang berpengalaman, memberikan kritik tajam namun membangun, dan menekankan pentingnya diferensiasi dan inovasi agar produk tidak hanya menarik tetapi juga memiliki nilai jual yang kuat.

Di sisi lain, para juri terpukau dengan Erlyanie, pemilik B Erl Cosmetics yang memperkenalkan produk body shower oil dengan kandungan khas Indonesia. Termasuk bunga melati yang memancarkan aroma yang dirindukan dari almarhum ibunya. 

Terinspirasi oleh sang ibu, Erlyanie membawa nilai emosional dalam setiap tetes produknya. Inovasi ini tidak hanya menyentuh hati, tetapi juga mendulang pujian dari para juri yang mengakui kedalaman ide dan kualitas produk tersebut, dan menjadikan B Erl Cosmetics sebagai salah satu UMKM yang mendapatkan nilai tinggi di episode ini.

BACA JUGA: Shopee dan Vidio Kolaborasi Hadirkan Vidio Shopping: Cara Baru Belanja Sembari Nonton Drama Favorit

BACA JUGA: Auto Joget! Video Musik Shopee x JKT48 “Lebih Hemat, Lebih Cepat” Jadi Tren Baru

Penuh ketegangan, episode kedua berakhir dengan tiga peserta yang berada di posisi terbawah, yakni Dthree, Aveka, dan X-Perfumery. Akan ada dua orang yang tereliminasi, dan 8 peserta tersisa yang kembali bertarung di episode selanjutnya. 

Tantangan semakin berat, dan para peserta kini harus mengatasi ujian baru yang menuntut lebih dari sekadar kreativitas, tetapi juga strategi pemasaran yang jitu. Episode 3 akan menguji mereka dengan tantangan konten pemasaran interaktif dan kreatif, di mana setiap peserta dituntut untuk membuat konten promosi yang tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga dapat mendorong produk mereka ke pasar yang lebih luas. 

Karya-karya mereka akan dinilai oleh para juri utama, serta juri tamu spesial Najla Bisyir, CEO Bittersweet by Najla dan konten kreator sukses yang dikenal dengan kemampuan luar biasanya dalam menciptakan konten viral dan berdaya jual tinggi.

Episode Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas kali ini, semakin memperlihatkan bahwa kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh produk yang unggul. Tetapi juga kemampuan untuk beradaptasi dengan tren pemasaran dan berinovasi di setiap langkah. 

BACA JUGA: Stop Panik! Ternyata Ini Penyebab Shopee PayLater Dibekukan, Lakukan Cara Ini agar Normal Kembali

BACA JUGA: Bisa Buat Tambahan Belanja Kebutuhan Lebaran, Begini Tips dan Trik Dapat Koin Shopee Gratis

Kategori :