JAKARTA, radartegal.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berkomitmen untuk terus memastikan kesiapan layanan E-Channel dan AgenBRILink dalam mendukung kelancaran transaksi masyarakat. Utamanya, saag libur panjang di penghujung bulan Mei 2025.
Masyarakat juga dapat tetap bertransaksi menggunakan Super App BRImo dari manapun dan kapanpun tanpa kendala. Sebagai bank dengan jaringan layanan terluas di Indonesia, BRI berupaya menghadirkan akses keuangan yang andal, aman, dan mudah dijangkau di seluruh pelosok negeri.
Menurut Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi, keandalan sistem layanan menjadi prioritas utama pihaknya. Itu, agar nasabah tetap dapat bertransaksi dengan nyaman dan aman di mana pun berada.
"Langkah ini merupakan bagian dari strategi BRI dalam mengantisipasi peningkatan aktivitas transaksi selama masa libur panjang. BRI berupaya memastikan seluruh sistem berjalan optimal agar kebutuhan transaksi masyarakat dapat terpenuhi tanpa hambatan sekecil apapun,” kata Hendy.
BACA JUGA: Dukung Desa Binaan, BRI Dorong Usaha Camilan Menjadi Produk Oleh-oleh Unggulan Lewat BRILiaN
Hendy mengungkapkan, komitmen tersebut juga tercermin dari upaya perusahaan dalam memperluas dan memperkuat infrastruktur layanan. Tercatat, hingga Triwulan I/2025, total E-Channel BRI telah mencapai lebih dari 742 ribu unit.
Dari jumlah tersebut, ujar Hendy, lebih dari 723 ribu unit Electronic Data Capture (EDC) telah beroperasi di berbagai lokasi strategis. Prioritasnya hanya satu untuk mendukung kemudahan transaksi non-tunai.
Di samping itu, terang Hendy, BRI mengoperasikan lebih dari 10 ribu unit ATM dan 9 ribu unit Cash Recycling Machine (CRM) yang tersebar di seluruh Indonesia. Tujuannya, untuk memastikan ketersediaan layanan transaksi seperti penarikan, penyetoran, transfer, dan pembayaran tagihan yang dapat diakses setiap saat, termasuk selama libur panjang.
Hendy menambahkan, selain adanya E-Channel yang tersebar, BRI juga mengandalkan jaringan AgenBRILink yang kini berjumlah lebih dari 1,19 juta agen per Triwulan I/2025. Jaringan ini pun telah menjangkau lebih dari 67 ribu desa, atau mencakup sekitar 88% wilayah Indonesia.
BACA JUGA: Mudah Diakses, 1 Juta AgenBRILink Jamin Mudik Tenang Transaksi Aman
BACA JUGA: Cara Bayar Angsuran KUR Lewat BRILink Lebih Mudah Tanpa Perlu ke Kantor Cabang
Layanan itu, memberikan kemudahan transaksi secara real-time dan online, seperti pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, telepon, dan cicilan, transfer antarbank, setor dan tarik tunai, serta pengisian saldo dompet digital.
Tak hanya itu, AgenBRILink juga melayani top-up saldo BRIZZI untuk mendukung pembayaran non-tunai di jalan tol, parkir, dan transportasi umum.