8 Oleh-oleh khas Pemalang yang Wajib Anda Coba, Ada Ogel-Ogel yang Rasanya Unik

Sabtu 19-10-2024,08:20 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Adi Mulyadi

PEMALANG, radartegal.com - Ketika kalian berkunjung ke Pemalang, Jawa Tengah, rasanya kurang lengkap kalau pulang tanpa membawa oleh-oleh khas Pemalang ini. 

Pemalang dikenal tidak hanya karena pesona alamnya, tapi juga oleh-oleh khas Pemalang dengan bebagai macam kulinernya yang unik dan bikin penasaran. 

Apalagi buat kalian yang suka mencoba makanan dengan cita rasa lokal, Pemalang punya banyak pilihan oleh-oleh yang bisa bikin siapa pun ingin segera kembali ke sini.

Yuk, simak beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Pemalang yang wajib kalian bawa pulang!

Daftar oleh-oleh khas Pemalang

1. Kraca

Bagi kalian yang doyan dengan makanan unik, kraca adalah salah satu yang nggak boleh dilewatkan. Kraca ini terbuat dari keong sawah yang diolah dengan bumbu khas.

BACA JUGA: Kupat Blengong Brebes, Makanan Khas yang Menawarkan Kelezatan yang Berbeda dari Lainnya

BACA JUGA: Soto Tauco Makanan Khas Tegal Yang Menggugah Selera, Begini Cara Membuatnya di Rumah

Bumbu tersebut membuat kraca punya rasa gurih dan tekstur yang bikin ketagihan. Mungkin terdengar sedikit aneh bagi yang belum pernah mencobanya, tapi begitu mencicipinya, dijamin kalian akan menyukai rasanya.

Kraca sering dijadikan sebagai camilan atau teman makan nasi, cocok buat oleh-oleh bagi teman atau keluarga yang suka petualangan kuliner.

2. Ogel-Ogel

Satu lagi camilan dari Pemalang yang nggak kalah seru adalah ogel-ogel. Camilan ini berbentuk seperti ulat—tapi tenang aja, ini cuma bentuknya kok, bukan ulat sungguhan!

Ogel-ogel terbuat dari adonan tepung ketan, dicampur dengan gula dan garam, kadang juga ditambah keju. Teksturnya renyah, dengan cita rasa manis dan gurih.

BACA JUGA: Cara Buat Tahu Aci Makanan Khas Tegal Lebih Renyah dan Gurih, Jangan Takut Gagal!

BACA JUGA: 6 Makanan Khas Kota Tegal, Harga Murce Abis Gak Bikin Kantong Bolong

Ini cemilan yang cocok dinikmati bersama teh atau kopi sore hari. Rasanya ringan, tapi bikin kalian ingin terus ngemil.

3. Bandeng Montok

Kategori :