6 Mitos Gunung Slamet yang Mengerikan, dari Keberadaan Manusia Kerdil hingga Gerbang Kerajaan Gaib

Kamis 05-09-2024,07:28 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Romo Bebek, Sungai Serayu dan Ratu Kidul kerap dikaitkan dengan mitos Gunung Slamet. Hal ini berkaitan dengan kisah saat Gunung Slamet meletus.

Kemudian muncul gumpalan awan yang terlihat berbentuk bebek. Masyarakat sekitar mulai menyebut keberadaan Romo Bebek. 

Romo Bebek mitosnya adalah lambang perbuatan saling menuntun ke kebaikan. Tidak jarang, ada penampakan kawanan bebek dan kerbau yang tidak diketahui pemiliknya, di sepanjang Sungai Serayu. 

BACA JUGA: Bikin Merinding! Ini 4 Mitos Gunung Slamet Via Guci yang Katanya Bisa Belah Pulau Jawa, Benarkah?

BACA JUGA: Mengulik Mitos Gunung Slamet, Dari Pasar Hantu hingga Gerbang Gaib

Hal ini kemudian dipercaya sebagai penanda peristiwa penting. Sungai Serayu sendiri konon adalah jalan menuju Kerajaan Gaib Ratu Kidul.

6. Naga Cerek Guci

Mitos gunung Slamet yang terkait dengan Guci adalah mengenai penghuni naga yang berada di air terjun Guci. Konon katanya, makhluk mitologi tersebut yang bisa memberikan kekayaan. 

Namun tentunya kekayaan tersebut tidak muncul dengan begitu saja. Mitosnya, di lokasi tersebut bisa menjadi tempat pesugihan dengan ritual yang mengorbankan nyawa manusia. 

Tidak mengherankan jika mitos Gunung Slamet ini membuat banyak penduduk ketakutan. Terutama bagi mereka yang masih mempercayai hal-hal tersebut. 

BACA JUGA: Ketahui 4 Mitos Gunung Slamet Via Guci Bikin Bulu Kuduk Merinding, Benarkan Terdapat Sarang Siluman?

BACA JUGA: Selain Mitos Gunung Slamet Via Guci, Adapun Beberapa Larangan yang Kena Dipatuhi Saat Mendaki Gunung Tersebut

Jalur Guci sendiri menjadi salah satu jalur pendakian menuju Gunung Slamet. Melewati daerah pemandian air panas dan air terjun di lereng gunung tersebut. 

 

Di balik kisahnya yang menyeramkan tentang naga cerek, air terjun yang ada di Guci dipercaya menyembuhkan penyakit. Boleh percaya, boleh juga tidak. 

Itulah informasi tentang 6 mitos Gunung Slamet yang mengerikan, dan masih dipercaya kebanyakan masyarakat di sekitarnya. Wallohu'alam. 

Kategori :