Unik dan Berkesan! BPIP Gaungkan Pancasila di Atas Geladak KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992

Sabtu 31-08-2024,21:21 WIB
Reporter : Khikmah Wati
Editor : Khikmah Wati

"Beliau juga Ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). Serta kapal ini sudah banyak mengemban tugas  operasinya, antara lain dukungan medis kegiatan KTT Archipelagic and Island States (AIS)  Forum 2023, dan pengiriman bantuan baik logistik maupun fasilitas kesehatan ke Jalur Gaza  Palestina dari Tahun 2023 sampai dengan 2024,” tambahnya.

Penguatan Pancasila pada generasi muda memiliki peranan penting dimana kegiatan ini  merupakan arahan Presiden pada Presidential Lecture Tahun 2019.

"129 juta anak-anak muda, i tu hampir 48 persen, kalau ini tidak mengerti masalah ideologi, enggak mengerti masalah  Pancasila, berbahaya negara ini," ujar Yudian Wahyudi mengulang pernyataan Presiden Joko  Widodo.

Di era yang serba cepat dan penuh dengan perubahan seperti sekarang ini, generasi milenial  dan Gen-Z memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga serta menguatkan jati diri bangsa.

Sebagai generasi yang tumbuh dengan teknologi di genggaman tangan, generasi muda adalah penggerak  utama dalam membentuk masa depan Indonesia.

Namun, di tengah globalisasi yang semakin  mengikis batas-batas negara, kita perlu bertanya: apa yang membuat kita tetap berdiri kokoh  sebagai bangsa? Jawabannya adalah Pancasila.

Pancasila bukan sekadar dasar negara, tetapi  ia adalah perekat kita semua sebagai bangsa yang beragam.

Di tengah derasnya arus informasi  global, Pancasila menjadi panduan kita dalam menghadapi berbagai tantangan zaman, sambil  tetap menjaga identitas dan nilai-nilai luhur yang sudah diwariskan oleh para pendiri bangsa.

Penguatan nilai-nilai Pancasila bagi Milenial dan Gen Z di atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-  992 adalah simbol dari upaya BPIP untuk menjaga dan memperkuat ideologi negara, tidak hanya  di darat tetapi juga di laut, yang merupakan bagian integral dari identitas kita sebagai bangsa  maritim.

"Kami ingin Generasi Z dan Milenial merasakan langsung kebesaran Indonesia dan  memahami pentingnya Pancasila dalam menjaga keutuhan bangsa," tambahnya.

Acara ini melibatkan serangkaian kegiatan edukatif dan interaktif, seperti talk show kebangsaan,  Deklarasi Gerakan Nasional Penguatan Pancasila, Pembacaan ikrar Pancasila, kegiatan  interaktif Ke-Pancasila-an.

Para peserta yang berjumlah ±1.000 orang, yang terdiri dari pelajar,  mahasiswa, dan pemuda dari berbagai komunitas dan organisasi kepemudaan, juga diberi  kesempatan untuk berdialog langsung dengan para narasumber, yang berbagi pandangan  tentang pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan dalam menjaga kedaulatan  bangsa.

Selain itu para peserta dapat merasakan ship tour serta joy sailing di sekitar perairan  Tanjung Priuk.

Sehingga kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepada para peserta tentang  peran BPIP dalam menguatkan Pembinaan Ideologi Pancasila serta TNI AL dalam menjaga  kedaulatan maritim Indonesia.

Dengan ini, diharapkan para pemuda tidak hanya memahami  pentingnya Pancasila, tetapi juga menghargai peran strategis Indonesia sebagai negara maritim  yang besar untuk mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045.

Kategori :