Pelajar Diajak Jadi Pemilih Pemula yang Cerdas di Pilkada Serentak 2024 Kota Tegal

Senin 26-08-2024,18:04 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.com - Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Badan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Tegal menggelar pendidikan politik di sejumlah sekolah. Salah satunya di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di Jalan Sumbodro Kelurahan Slerok Kota Tegal.

Melalui kegiatan itu, para pelajar diajak untuk menjadi pemilih yang cerdas dalam setiap Pemilihan. Sehingga, akan terpilih para pemimpin yang akan mampu menyejahterakan masyarakat.

Kepala Bakesbangpol Budi Saptaji mengatakan berdasarkan data yang ada, jumlah Pemilih di Kota Tegal saat ini sekitar 2.000 orang lebih. Mereka, rata-rata berasal dari kalangan pelajar SMA.

"Sehingga, mereka perlu diberikan pengetahuan dan pemahaman politik yang sehat," katanya.

BACA JUGA: Anggota DPRD Brebes Lakukan Sosialisasi Pendidikan Politik ke Warga

BACA JUGA: Gelar Pendidikan Politik, Gerindra Brebes Targetkan 12 Kursi di Pemilu Nanti

Menurut Budi, selain untuk menghadapi Pilkada serentak, pendidikan politik kepada pemilih pemula juga sebagai bekal pengetahuan. Agar para pelajar memiliki pemahaman politik yang sehat serta menjunjung norma dan beretika.

Melalui kegiatan tersebut, kata Budi, pihaknya berharap dapat meningkatkan kesadaran politik para pelajar. Sehingga, mereka dapat menjadi pemilih yang cerdas.

Budi menambahkan kegiatan tersebut akan digelar selama 3 hari di tiga lokasi berbeda. Yakni, di SMAN 3, SMKN 1 dan SMKN 3 Tegal. 

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Kota Tegal, Karyudi Prayitno yang hadir sebagai narasumber menjelaskan terkait tahapan Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024. Menurutnya, sat ini sudah memasuki tahapan pendaftaran calon walikota dan wakil walikota. 

Kategori :