Istana IKN Dianggap Mistis dan Mirip Jack di Oggy and The Cockroaches, Nyoman Nuarta Bilang Begini

Minggu 11-08-2024,16:03 WIB
Reporter : Khikmah Wati
Editor : Khikmah Wati

JAKARTA, radartegal.id- Istana Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi bahan pergunjingan netizen di media sosial. Pasalnya, desain istana tersebut dinilai kental dengan nuansa mistis.

Tidak hanya itu, sebagian lagi juga menyebut jika istana IKN mirip tokoh kartun Jack yang ada di film Oggy and The Cockroaches. Beberapa gambar Istana IKN yang disandingkan dengan tokoh Jack pun bertebaran di media sosial.

Salah satunya diposting oleh salah satu penulis, Bayu Kress, di akun Facebook-nya. 

"Konsepnya kok jadi mirip Jack dalam kartun oggy and the cockroaches. (emoticon tertawa) Kartun kocak penuh kekocakkan apa itu tanda penyelenggara negara diisi dengan orang2 kocak yg hari ini ngomong a besok b besoknya lagi c (emoticon tertawa)."

BACA JUGA: Catat Sejarah, Duplikat Bendera Pusaka dari Jakarta Akhirnya Tiba di Istana IKN untuk Pertama Kali

BACA JUGA: Hari Ini Calon Paskibraka Tingkat Pusat Diberangkatkan ke IKN, BPIP Pastikan Kesiapannya

Terkait hal ini, Desainer atau Perancang Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN) Nyoman Nuarta angkat bicara soal kritikan tersebut. Menurutnya, penilaian bahwa Istana Garuda mistis dan mirip Jack merupakan persepsi tiap individu.

"Jadi, kalau itu menjadi aura mistis dan segala macam, itu terserah masing-masing lah. Tapi kita membuat itu tentu Istana itu agar berwibawa, kita butuh butuh wibawa itu," kata Nyoman pada Minggu, 11 Agustus 2024.

Menurutnya, Istana IKN dirancang sebagai “sesosok rumah” yang berasosiasi pada burung Garuda. Artinya Istana Garuda bukan merupakan sebuah patung melainkan bagian dari bangunan yang memiliki fungsi di dalamnya.

Bangunan ini diasosiasikan oleh perancangnya "menyerupai" sosok burung Garuda Pancasila yang tengah mengepakkan sayap. Dibentuk dari baja tahan karat khusus yang akan berwarna kehijauan melalui proses alami hasil produksi PT Krakatau Steel.

BACA JUGA: Kegaduhan Arteria Dahlan soal Sunda Diduga untuk Tutupi Isu Pengesahan Ibukota Baru

BACA JUGA: Kontroversi Arteria Dahlan soal Sunda Dicurigai untuk Tutupi Isu Pengesahan Ibukota Baru

Nyoman mengatakan, Istana Garuda IKN adalah bukti pencapaian sinergi antara seni, sains, dan teknologi karya anak bangsa. Nyoman Nuarta menjelaskan jika desain tersebut dibuat agar Istana berwibawa.

Dia juga menjelaskan warna yang terlihat atau nampak gelap dari Istana IKN itu, dari depan merupakan kuningan yang akan berubah warna menjadi hijau. Hal itu tergantung alamnya.

Kategori :