Kupat Bongkok Khas Tegal yang Legendaris, Intip Asal Usul dan Cara Pembuatannya

Rabu 24-07-2024,12:56 WIB
Reporter : Nabila Fitri Amelia
Editor : Khikmah Wati

Radartegal.id- Kupat bongkok khas Tegal merupakan salah satu kuliner legendaris dari Tegal yang menggoda selera. Cita rasa yang khas dari kupat ini membuat para pecinta kuliner selalu mencarinya.

Kupat bongkok khas Tegal ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai salah satu sarapan pada pagi hari atau menu makan di siang hari.  Kupat bongkok ini menjadi kuliner favorit masyarakat Tegal atau para wisatawan yang sedang berkunjung ke daerah ini.

Kuliner ini cocok dinikmati bersama keluarga atau orang tersayang Anda. Lalu seperti apa sih sebenarnya kupat bongkok khas Tegal ini?

Berikut ulasan mengenai kupat bongkok khas Tegal yang merupakan kuliner legendaris yang sayang banget untuk kamu lewatkan. Simak sampai akhir ya.

BACA JUGA: 7 Kuliner Tegal Wajib Dicoba, dari Sate Kambing Muda yang Menggoda hingga Es Lontrong yang Segar

BACA JUGA: Glotak Kuliner Khas Tegal, Sensasi Gurih Yang Menggugah Selera

Asal usul kupat bongkok khas Tegal 

Kupat bongkok khas Tegal konon berasal dari Desa Bongkok Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Seiring waktu, kuliner ini mulai dijajakan di berbagai sudut Tegal dan menjadi ikon kuliner khas daerah ini.

Nama "Bongkok" sendiri merujuk pada nama desa asal muasal hidangan ini.

Cara membuat kupat bongkok khas Tegal di rumah

Jika Anda sedang tidak berada di Tegal dan ingin mencoba kupat bongkok khas Tegal, Anda dapat membuatnya di rumah dengan bahan-bahan yang gampang ditemukan. Karena punya ciri khas menggunakan mie kenyol atau olahan mie dari kerupuk mie mentah yang diberi bumbu khusus, maka sebelum membuat kupat bongkok, kita harus membuat mie kenyolnya terlebih dahulu. 

Pertama, siapkan bahan untuk membuat mie kenyol yaitu 5 buah kerupuk mie mentah, 800 ml santan, 2 lembar daun salam, 2 sdt garam, lengkuas, 1 sdm gula pasir, 2 sdm minyak. Untuk membuat bumbu halus memerlukan 3 siung bawang putih, 4 cabai, 8 bawang merah.

Bahan kari tempe membutuhkan 3 ons tempe semangit atau tempe yang sudah lewat beberapa hari yang sudah dipotong-potong, 2 sdt garam, 1 lengkuas yang sudah digeprek, 2 lembar daun salam, ¼ jinten, ½ sendok merica, 1 sdt ketumbar, kunyit, dan kemiri yang sudah disangrai sebanyak 4 butir, 4 siung bawang putih dan 10 butir bawang merah.\

Serta siapkan lontong, 6 buah kerupuk mie goreng, tauge, 2 sdm kecap manis dan cabai rawit agar menambah sensasi selera pedas saat memakannya.

Kategori :