Menikmati Kesegaran Es Sagwan Tegal, Kuliner Legendaris Khas Kota Bahari

Senin 22-07-2024,19:06 WIB
Reporter : Nabila Fitri Amelia
Editor : Teguh Mujiarto

radartegal.id- Ditengah panasnya cuaca saat ini di Tegal, tak ada yang lebih menyegarkan selain es sagwan Tegal. Minuman tradisional khas Kota Bahari ini menjadi minuman favorit dan diburu oleh para wisatawan yang berada di Tegal.

Es Sagwan memiliki isian yang unik berbeda dengan es lainnya, yaitu butiran putih kenyal yang terbuat dari tepung tapioka. Butiran ini dicampurkan dengan santan, gula merah, dan es serut, menghasilkan rasa manis dan gurih yang tak terlupakan saat menikmati minuman ini.

Tak jarang, Es Sagwan juga ditambahkan dengan potongan nangka. Atau kolang-kaling untuk menambah tekstur dan rasa.

Berikut ulasan lebih lanjut mengenai kenikmatan dan kesegaran yang ada pada Es Sagwan Khas Tegal. Simak baik-baik artikel berikut ini hingga tuntas agar mengetahui informasi selanjutnya yang kami berikan.

BACA JUGA: Glotak Kuliner Khas Tegal, Sensasi Gurih Yang Menggugah Selera

BACA JUGA: Pilihan Kuliner Khas Tegal dengan Cita Rasa Enak, Kelezatannya Dijamin Bikin Kamu Nagih

Sejarah Es Sagwan

Es Sagwan juga memiliki sejarah tersendiri, Es ini sudah ada sejak zaman Presiden Soekarno. Es Sagwan ini diciptakan oleh seorang yang bernama Sagwan.

Minuman ini merupakan minuman yang khas Tegal dengan kelezatan dan kesegaran Es Sagwan yang menjadi pilihan masyarakat banyak saat di Tegal.

Tempat Mencicipi Es Sagwan di Tegal

Banyak orang yang menjual minuman khas Tegal ini namun ini beberapa rekomendasi tempat jika anda ingin menikmati kesegaran Es Sagwan berada di Jl KS. Tubun Randugunting, Pekauman Kulon, Kota Tegal. Dan warung Es Sagwan Asli Randugunting yang terletak di Jalan Srigunting, Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal.

Cara Membuat Es Sagwan di rumah

Jika anda sedang tidak berada di Tegal, namun ingin meminum Es Sagwan berikut adalah cara membuatnya di rumah. Dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat ditemui, pertama siapkan 130 grm tepung tapioka, 250 grm gula pasir, 1.250 ml santan kental, 150 grm nangka matang, 2 sdm pewarna merah, dan 2 sdm pewarna coklat.

Cara membuat Es Sagwan yaitu pertama dengan membuat butiran putih dengan menyampurkan tepung tapioka, gula pasir, dan santan diaduk hingga rata. Kemudian, masak adonan dan cetak memanjang dengan air di panci.

Selanjutnya akan membuat sirup untuk Es Sagwan siapkan panci atau lainya tuangkan gula pasir dan pewarna makanan ke dalamnya dan rebus hingga mengental. Lalu Es Sagwan siap dinikmati dengan menambahkan potongan nangka matang, sirup, es batu, santan, dan terakhir tuangkan susu kental manis, Es Sagwan tersebut siap dinikmati pada cuaca yang panas terik ini.

Kategori :