Cek secara Berkala, Kenali Cara Merawat Sepeda Motor Honda Modifikasi Agar Tetap Aman dan Nyaman

Minggu 14-07-2024,08:47 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Apa saja cara merawat sepeda motor Honda modifikasi, akan dibahas dalam artikel kali ini. Apalagi ada beberapa bagian yang harus Anda perhatikan demi membuat kendaraan kesayangan Anda awet, serta tetap memberikan kinerja yang optimal.

Sekadar informasi, cara merawat sepeda motor Honda modifikasi ini bisa diterapkan pada model atau tipe apapun. Baik itu motor metik maupun sport yang sama-sama perlu perawatan yang tepat demi menjaga umur serta performa kendaraan.

Cara merawat sepeda motor Honda modifikasi ini juga bisa diterapkan pada kendaraan yang masih bawaan pabrik. Jadi meski Anda tidak melakukan sejumlah perubahan pada motor, Anda bisa tetap melakukan tips perawatan ini secara rutin.

BACA JUGA: Rahasia Rangka eSAF Motor Honda Tetap Kokoh dan Tidak Cepat Kropos, Begini Cara Menjaganya

Pentingnya merawat sepeda motor Honda modifikasi

1. Perawatan Menyeluruh

Cara perawatan sepeda motor agar tetap awet dan optimal yaitu lakukan servis berkala sesuai jadwal. Ikuti jadwal servis di bengkel resmi atau mekanik terpecaya untuk memastikan semua komponen diperiksa.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa catat semua modifikasi dan perawatan yang dilakukan untuk referensi di masa depan.

2. Perawatan Rutin

Hal terpenting ketika memiliki kendaraan bermotor yaitu jangan lupakan jadwal ganti olinya. Gunakan oli berkualitas sesuai dengan spesifikasi motor setidaknya setiap 2.000-3.000 km atau sesuai rekomendasi.

BACA JUGA: Irit dan Gesit, 5 Motor Honda Matic Stylish dan Tangguh Ini Sangat Cocok untuk Kegiatan Sehari-hari

Selain rutin ganti oli, pastikan filter udara bersih agar performa mesin optimal. Anda bisa bersihkan filter udara atau ganti sesuai kebutuhan.

3. Perawatan Komponen Modifikasi

Perawatan motor yang benar jangan melupakan bagian suspensi. Jika Anda menggunakan suspensi aftermarket, cek kondisi dan oli secara berkala.

Pastikan juga untuk cek rem dalam kondisi baik. Periksalah kampas rem dan minyak rem secara berkala demi keselamatan Anda berkendara juga nantinya.

Kategori :