10 Desa di Batang Terdampak Gempa Bumi M 4,6, Masjid Agung dan Belasan Rumah Ikut Rusak

Senin 08-07-2024,11:41 WIB
Reporter : Khikmah Wati
Editor : Khikmah Wati

”Sementara dari data yang masuk tiga sekolah itu. Yang paling parah di Perpustakaan SDN Kalisalak Batang yang rusak parah. Semoga tidak ada kerusakan lagi,” ujar Kepala Disdikbud Batang Bambang Suryantoro Sudibyo, Minggu sore, 7 Juli 2024.

Pihaknya belum bisa menghitung kerugian materil. Namun dipastikan tidak ada korban jiwa lantaran gempa terjadi saat liburan sekolah.

”Sementara tim kami masih mencatat kerugiannya, namun kami sudah sampaikan ke Kepala Sekolah agar Kegiatan Belajar Mengajar pada tanggal 22 Juli nanti bisa tetap berjalan,” harapnya dikutip dari Jogja.Disway.id.

BACA JUGA: Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Kota Tegal Gelar Simulasi Hadapi Gempa Bumi

BACA JUGA: Gempa Tuban Terasa Sampai di Tegal, Penghuni Kos Panik Berhamburan Keluar

Sementara itu, Kepala SMPN 7 Batang M. Santoso mengungkapkan, satu ruang kelas mengalami kerusakan parah. 

”Kalau SMP N 7 yang rusak parah satu kelas, kelas 7 B, kalau yang lainnya hanya kecil kecil saja, misal ada genteng jatuh, kemudian ada tembok cuil,” ujarnya.

Dia menyebut, gempa mengakibatkan eternit atau langit-langit ruang kelas 7 B ambrol seluruhnya. Lalu beberapa bagian dinding juga retak-retak.

Selain itu, dinding retak juga ditemukan di sebagian ruang kelas 8 serta ruang guru. Tembok ruang guru ada yang retak hingga jatuh.

Santoso, sapaan akrabnya, menyebut saat kejadian ada dua guru yang sedang lembur mengurusi ijazah siswa. Guru itu langsung menghubungi usai gempa terjadi.

”Saya dapat laporan dari ibu guru yang lembur tadi. Kemudian saya langsung turun ke TKP dan langsung melihat sendiri gitu. Kerusakan hanya di kelas 7 B,” jelasnya. 

BACA JUGA: Gempa Bumi Kabupaten Tegal Terasa Hingga Brebes, Kedalaman Sampai 13 Km

BACA JUGA: Cerita Wahyu, Warga Brebes yang Rasakan Gempa Bumi Tegal: Sudah 2 Kali

Warga Batang panik saat gempa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menuturkan gempa terjadi sekitar pukul 14.35 WIB. Lokasi gempa terletak sekitar 6 kilometer barat daya Batang dengan kedalaman 10 kilometer. 

”Gempa Mag: 4.6, 07-Jul-2024 14:35:25WIB, Lok:6.97LS, 109.72BT (6 km BaratDaya BATANG-JATENG), Kedlmn: 10 km,” bunyi peringatan BMKG di X.

Kategori :