4 Bangunan Tua yang Jadi Landmark Kota Tegal, Warisan Sejarah yang Dilindungi

Minggu 07-07-2024,07:41 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

3. Gedung DPRD Kota Tegal

Salah satu bangunan tua di Kota Tegal adalah gedung tua kantor DPRD Kota Tegal yang merupakan peninggalan Belanda. Dulunya bangunan itu merupakan peninggalan Belanda yang dibangun 1750-an oleh Mathijs Willem de Man.

Gedung ini menjadi salah satu jejak sejarah kota tua Tegal. Dulunya gedung ini digubakan sebagai tempat Resident Tegal atau dalam bahasa Belanda Resident Huis. 

Karena perdagangan VOC berkembang di wilayah Tegal pemerintah kolonial pun membangun gedung itu. Banyak pejabat-pejabat penting yang berkunjung ke Resident Huis.

BACA JUGA: Miniatur Lawang Sewu! Sejarah Berdirinya Gedung Birao Tegal, Saksi Bisu Perkembangan Kereta Api di Tanah Jawa

4. Gedung Birao 

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya tanggal 10 September 1945, gedung ini menjadi saksi pergerakan orang-orang Tegal dalam berperang melawan penjajah. Di sana mereka mengibarkan bendera Merah Putih yang saat itu dilarang untuk dikibarkan. 

Keberadaan Gedung Birao merupakan bukti saksi sejarah perkeretaapian di tanah Jawa. Dan pada masa pendudukan Jepang di tahun 1942 hingga 1945, bangunan tua di Kota Tegal itu dijadikan markas Bala Tentara Jepang.

Demikian 4 bangunan tua di Kota Tegal yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Semoga bermanfaat. 

Kategori :