Jangan Salah Rawat, Begini Cara Membersihkan AC Portable dengan Benar Agar Tetap Awet

Minggu 04-02-2024,23:45 WIB
Reporter : Sosa Kinsty
Editor : Teguh Mujiarto

RADAR TEGAL - Dalam menjaga agar barang tetap aman dan awet, kamu perlu mengetahui caranya. Oleh karena itu banyak cara membersihkan AC portable agar awet.

Jadi, jika kamu penasaran dengan caranya bisa simak artikel radartegal.disway.id ini sampai selesai. Kami akan memberikan ulasan mengenai cara membersihkan AC portable agar awet dan tahan lama. 

Apalagi masih banyak orang yang menggunakan cara membersihkan AC portable dengan cara yang salah. Hal tersebut membuat barang malah cepat rusak dan tidak dapat digunakan.

Langsung saja, berikut beberapa cara membersihkan AC portable agar tetap awet dan tidak cepat rusak dan bisa kamu baca dibawah ini.

BACA JUGA: Tips Membeli AC yang Bagus dan Awet Serta Tepat untuk Penggunaan, Berikut Hal yang Harus Diperhatikan

Cara membersihkan AC portable

1. Melepaskan dan Bersihkan Filter Udara

Beberapa AC portable memiliki filter udara yang dapat dilepas dan dibersihkan. Kamu bisa mengeluarkan filter, lalu cuci dengan air hangat dan sabun.

AC portable juga terkadang memiliki filter sekunder yang perlu untuk dibersihkan agar udara yang keluar tetap dingin. Jadi, bersihkan filter udara denga hati-hati dan bersih.

2. Membuka AC Portable

Kamu bisa membuka AC hingga kumparan kondesornya terlihat dan diperlukan obeng untuk membongkarnya. Sebelum membongkarnya, pastikan jika saluran listrik sudah tercabut dan selang pembuangan sudah dilepaskan.

Kamu juga harus memperhatikan letak sekrup yang dilepas. Agar nantinya tidak bingung ketika akan memasang kembali.

3. Membersihkan Debu Pada Kumparan Evaporator

Debu yang ada pada kumparan evaporator perlu untuk dibersihkan dengan menggunakan sikat kecil. Kamu juga bisa menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dengan hidrogen preoksida 3 persen dan biarkan bagian evaporator kering.

Kategori :