Jangan Salah Rawat, Begini Cara Membersihkan AC Portable dengan Benar Agar Tetap Awet

Minggu 04-02-2024,23:45 WIB
Reporter : Sosa Kinsty
Editor : Teguh Mujiarto

4. Bersihkan Debu Pada Kumparan Kondensor

Cara membersihkan AC portable selanjutnya yaitu dengan membersihkan debu pada bagian kumparan kondensor dengan menggunakan penyedot debu dan sikat agar semua kotoran hilang. Kamu perlu hati-hati ketika membersihkan bagian ini agar tidak merusak yang lain.

BACA JUGA: Rekomendasi AC 1/2 PK Mulai Rp2 Jutaan, Dinginkan Ruangan Lebih Cepat dan Gak Bikin Tagihan Listrik Membengkak

5. Bersihkan Tangki Air

Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan tangki air menggunakan hidrogen peroksida untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Setelah itu bisa bilas dengan menggunakan air mengalir dan keringkan bagian dalam serta luar tangki.

6. Membersihkan Baki Tetes dan Selang Pembuangan

Kamu juga perlu untuk membersihkan baki tetes dan selang pembuangan dengan melepas penyumbat saluran pembuangan dan biarkan airnya menetes. Bersihkan wadah pembuangan dengan menggunakan sedikit sabun dan air hangat kemudian seka menggunakan larutan disinfektan pada wadah dangkal.

Setelah itu cabut selang dan alirkan air melalui selang tersebut untuk membersihkan debu dan kotoran di dalam selang. Setelahnya biarkan selang kering sepenuhnya.

7. Satukan Semua Unit

Jika semua bagian sudah dibersihkan maka proses terakhir yang diperlukan yaitu menyatukan semua unit. Pasang wadah dan kencangkan sekrupnya lalu pasang juga filter AC portable sesuai dengan tempatnya.

Pasang penyumbat saluran pembuangan dan terakhir sambungkan selang pembuangan ke unit. Lalu nyalakan AC untuk menguji udara dingin yang dihasilkan.

Itulah beberapa cara membersihkan AC portable yang bisa digunakan agar AC lebih bersih dan dingin maksimal. Cara ini juga bertujuan untuk membuat AC menjadi lebih awet dan bisa untuk jangka waktu lama.

Ketika memiliki suatu barang sudah seharunya kamu untuk melakukan perawatan rutin agar barang tetap awet. Jangan hanya membeli lalu pakai namun tidak merawat dan membersihkannya karena akan membuat barang cepat rusak.

BACA JUGA: Apakah AC Portbale Boros Listrik? Cek Faktanya di Sini

Demikian 7 cara membersihkan AC portable agar awet dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :