Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Air Cooler Beserta Daftar Air Cooler Terbaik!

Selasa 23-01-2024,12:30 WIB
Reporter : Ranti
Editor : Teguh Mujiarto

RADAR TEGAL- Tahukah Anda dimusim kemarau, AC atau kipas angin bukanlah menjadi satu-satunya jawaban untuk bisa mendinginkan ruangan. Apabila Anda menginginkan udara yang lebih sejuk dan hemat listrik, maka air cooler bisa menjadi  pilihan untuk Anda. Berikut ini kelebihan dan kekurangan air cooler.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan air cooler di bawah ini, maka bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda ketika akan membeli produk yang satu ini.

Tidak usah berlama-lama, berikut ini kelebihan dan kekurangan air cooler yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli air  cooler.

Simak artikel tentang kelebihan dan kekurangan air cooler berikut hingga selesai. Sehingga, Anda tidak lagi ragu memilih salah satunya.

BACA JUGA:  4 Rekomendasi Air Cooler Low Watt Harga Murah dan Terbaik 2024, Ada yang di Bawah Rp100 Ribu

Kelebihan dan Kekurangan Air Cooler

1. Perawatan mudah

Air cooler diketahui relatif tidak membutuhkan perawatan yang rumit bahkan tidak perlu tenaga ahli, lho. Anda bisa melakukan perawatan air cooler sendiri di rumah.

Adapun perawatan rutin pada air cooler ini hanya merawat kebersihan dan mengganti air saja. Karena hal ini sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri, sehingga Anda tidak akan mengeluarkan biaya perawatan.

2. Air cooler hemat listrik

Salah satu alasan kenapa banyak orang memilih air cooler yakni karena penggunaan listriknya yang terbilang rendah. Air cooler diklaim hanya membutuhkan daya sebesar 10 hingga 15 persen listrik.

Tidak hanya itu, keuntungan ini juga bisa saja berlipat ketika Anda memilih air cooler terbaik.

BACA JUGA:  Bahaya Menggunakan Air Cooler untuk di Kamar Tidur, Waspadai Dampak untuk Kesehatan Tubuh

3. Udara lebih lembap

Apabila dibandingkan dengan produk AC, air cooler realtif lebih lembab. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan uap air untuk mendinginkan ruangan.

Oleh sebab itu, sangat tidak disarankan untuk Anda menggunakan air cooler di ruangan tertutup, ya. Hal ini untuk mengindara jamur dan bakeri di dalam ruangan.

4. Hanya memberikan kesejukan di area tertentu

Tahukah Anda bahwa udara sejuk yang dikeluarkan air cooler ternyata sangat terkonsentrasi pada area tertentu dan dalam jarak yang sangat terbatas. Namun, kelemahan seperti ini masih bisa Anda atasi dengan memilih produk air cooler terbaik.

Itulah mengapa sebelum membeli air cooler sangat dianjurkan untuk memastikan seberapa besar ruangan yang ingin Anda dinginkan.

Daftar Air Cooler Terbaik Berkualitas

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan air cooler. Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui daftar air cooler terbaik supaya tidak menyesal ketika membelinya, berikut daftarnya.

Adapun daftar air cooler terbaik berkualitas antara lain sebagai berikut:

  1. Midea air cooler 4.8 cooler liter AC100-18B
  2. Sharp PJ-A26MY-B air cooler
  3. Krisbow evaporative air cooler
  4. Sanken air  cooler 6 L SAC-38
  5. Sekai air cooler AC 0402
  6. Cosmos cosler CAC-008 ABW – Air Cooler
  7. Honeywell air cooler ES800
  8. Newstyle B04 air cooler.

BACA JUGA:  Cara Membuat Air Cooler Lebih Dingin, Mudah Banget Diterapkan di Rumah Sehari-hari

Air cooler bisa menjadi solusi gerah dimusim panas, dengan kelebihan dan kekurangan air cooler di atas bertujuan untuk bahan pertimbangan Anda ketika akan membeli produk air cooler.

Tidak hanya itu, tersedia juga daftar air cooler terbaik berkualitas yang bisa memudahkan Anda dalam memilih produk air cooler terbaik tanpa takut menyesal.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan air cooler. Semoga bermanfaat untuk anda. (*) 

Kategori :