Rekomendasi 4 Cara Melunasi Hutang Pinjol Legal, Nasabah Pasti Bisa Bebas dari Utang Piutang

Sabtu 06-01-2024,18:45 WIB
Reporter : Zahwa Malaika Aurora Firanoerm
Editor : Khikmah Wati

2. Mulai dari Utang yang Paling Kecil

Cara melunasi hutang pinjol legal berikutnya dengan menggunakan strategi debt snowball. Yaitu proses yang kamu lunasi mulai dari pembayaran dari utang yang paling sedikit terlebih dahulu.

Nah seiring berjalannya waktu, barulah kalian bisa membayar dengan nominal utang yang lebih tinggi. Itulah mengapa disebut debt snowball.

Karena besaran utang yang harus kalian bayar seperti bola salju yang semakin lama semakin besar. Kelebihan yang kamu dapatkan yaitu lebih meningkatkan motivasi, karena kamu bisa melihat kemajuan pelunasan utangmu dengan lebih cepat.

BACA JUGA: 5 Cara Melunasi Pinjaman Online Tanpa Bayar, Dijamin Terlepas Dari Ikatan Pinjaman Ilegal

3. Evaluasi Total Pengeluaran dan Penghasilan

Ketiga, untuk melunasi utang pinjolmu dengan cepat lakukan hal ini untuk mengurangi beban dan mengubah kebiasaan rutinmu. Coba kamu bisa hitung kembali dan atur total pengeluaran dan penghasilan dalam satu bulan.

4. Mulai dari Bunga Paling Besar

Cara ampuh yang terakhir yaitu dengan melunasi hutangmu yang besar  lebih dulu, kalian bisa mengurangi keseluruhan utang yang harus dibayar secara keseluruhan. Cara kedua juga memiliki kelebihan yaitu bisa terhindar dari risiko bunga yang semakin membesar ke depannya.

Namun, di balik kelebihan ada kekurangan yaitu kalian harus memiliki komitmen yang besar untuk menyisihkan sejumlah uang yang tak sedikit setiap bulannya.

BACA JUGA: Terbukti Sukses, Begini Cara Melunasi Pinjaman Online tanpa Harus Menjual Aset Pribadi, Cukup Terapkan 5 Hal

Kesimpulan 

Jadi kesimpulannya, kamu bisa menggunakan cara melunasi hutang pinjol legal di atas jika terlilit hutang. Sebelum ingin meminjam dan tidak bisa membayar kembali, usahakan tidak perlu meminjam kepada pinjol. Mungkin lebih baik kamu bisa meminjam pada kerabat, keluarga, ataupun teman.

Demikian informasi tentang cara melunasi hutang pinjol legal. Semoga artikel ini bermanfaat.(*)

Kategori :