Izin Akses Mikrofon saat Install Aplikasi Pinjol Bisa Buat HP Disadap? Begini Penjelasannya

Selasa 19-12-2023,17:00 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

Sebab, ponsel atau perangkat Anda tidak akan disadap oleh pinjol tersebut. Pinjaman online yang resmi memiliki aturan tertentu saat pengoperasian layanan, utamanya dalam melindungi privasi penggunanya.

Lantas, mengapa saat install aplikasi pinjol perlu izin akses mikrofon? Sebab, lewat izin akses ini pihak pinjol bisa lebih mudah untuk menghubungi pengguna atau nasabahnya.

Biasanya nasabahnya akan dihubungi oleh pinjol untuk kebutuhan pembayaran hutang atau pemberitahuan lainnya.

Kesimpulan

Pinjol meminta izin akses mikrofon saat install aplikasi tujuannya untuk memudahkan mereka menghubungi pengguna lewat telepon, utamanya saat menagih hutang.

BACA JUGA : Laporkan Iklan Pinjol Ilegal dengan 6 Alasan Ini agar Tidak Muncul Lagi, Jangan Sampai Jadi Korban

Selama Anda menginstall aplikasi yang sudah legal OJK, Anda tidak perlu khawatir akan adanya penyadapan pada ponsel Anda akibat izin akses aplikasi pinjol.

Anda bisa cek legalitas pinjaman online yang ada di Play Store atau App Store lewat situs resmi OJK. Jika tidak terdaftar, jangan pernah sesekali untuk menginstal aplikasi pinjol ilegal di ponsel Anda.

Pinjol ilegal bisa melakukan peretasan pada perangkat dan mencuri data-data pribadi untuk tujuan tertentu mereka tanpa izin, serta tentunya sangat merugikan.

Demikian ulasan tentang izin akses mikrofon saat install aplikasi pinjol. Gunakanlah selalu aplikasi yang memang sudah terdaftar OJK dan memiliki reputasi yang baik. (*)

Kategori :