Ketahui 5 Cara Merawat Mobil MPV, Usia Mobil Jadi Lebih Panjang

Rabu 08-11-2023,21:15 WIB
Reporter : Ranti
Editor : Ranti

RADAR TEGAL – Tahukah Anda bahwa memperhatikan cara merawat mobil MPV merupakan hal yang sangat penting untuk   Anda lakukan supaya usia mobil lebih panjang. Berikut ini cara merawat mobil MPV.

Meskipun merawat mobil sebenarnya tidak terlalu rumit, tetapi banyak orang yang akhirnya menyepelekan.  Padahal, akan disayangkan apabila mobil kelas premium ini tidak bisa bekerja secara maksimal, ya.

Dalam merawat mobil jenis MPV ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal mulai dari mesin, kelistrikan, bahan bakar, hingga lampu. P astikan semua bagian tersebut normal dan harus diservis  secara rutin minimal sebulan sekali.

Perlu Anda ketahui juga bahwa sebenarnya perawatan antara mobil MPV kelas standar atau premium tidak jauh berbeda. Bahkan untuk semua mobil sekalipun. Anda hanya perlu memberikan perawatan khusus supaya mobil tetpa awet dan nyaman digunakan.

Secara spesifik, mobil MPV tentu mempunyai kualitas yang snagat baik dalam segala hal mulai dari mesin yang handal, kenyamanan, desain mewah, hingga kelengkapan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Namun, meskipun memiliki banyak kelebihan, perawatan juga perlu Anda lakukan secara rutin, ya.

BACA JUGA:  Miliki Reputasi Tinggi, Ketahui Daftar Harga Mobil Toyota Terbaru 2023 dari Berbagai Tipe, Ada Pilihan Anda?

Cara Merawat Mobil MPV supaya Tetap Prima

1. Ganti Oli secara   Berkala

Tahukah Anda bahwa mengganti oli merupakan hal utama yang perlu Anda perhatikan. Sebab, oli mempunyai pengaruh besar terhadap mesin.

Apabila Anda terlambat sedikit saja untuk mengganti oli, maka dapat berakibat fatal, mesin mobil Anda ibsa aus hingga terbakar. Apalagi MPV mempunyai kapasitas mesin yang besar.

Untuk mengganti oli rutin ini, Anda bisa melakukannya sebulan sekali. Apabila mobil tidak terlalu digunakan, maka bisa menggantinya setiap dua atau tiga bulan sekali, ya.

Hal ini   tentu tergantung pada pemakaiannya. Tidak hanya itu, Anda juga harus jeli dalam memilih produk oli yang berkualitas. Jangan sampai Anda salah pilih oli, hingga membuat mobil Anda menjadi lebih cepat rusak.

Minimal, pilihlah oli standar yang digunakan untuk mobil Alphard, ya.

BACA JUGA:  Sekilas Mirip Hyundai Staria, Yuk Kenalan dengan Li Auto Mega Mobil MPV Listrik dari Negeri Tirai Bambu

2. Merawat Ban dengan Baik

Merawat ban juga harus Anda lakukan, karena sangat berpengaruh pada kenyamanan pengendara. Pastikan bahwa tekanan ban yang digunakan sesuai standar.

Apalagi mobil MPV merupakan kendaraan dengan ukuran yang besar.

Pastikan tidak ada kerikil yang nyangkut di ban. Kerikil ini akan mengikis ban, dan membuatnya mudah pecah. Ban yang sudah gundul, juga harus segera diganti.

Sehingga Anda bisa benar-benar memastikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

BACA JUGA:  Mobil SUV Rp150 Jutaan, Berikut Ini 5 Kekurangan Toyota Fortuner Gen 1 yang Dimiliki!

3. Selalu Bersihkan Mobil, Baik Interior Maupun Eksterior

Kenyamanan sebuah mobil tentu bisa dipengaruhi oleh faktor kebersihan. Apalagi mobil Alphard yang seharusnya mempunyai desain mewah dan legan.

Apabila terdapat sedikit saja kotora, maka akan membuat mobil kelas atas ini tampak tidak sedap dipandang.

Pembersihan tersebut bisa Anda lakukan secara rutin, apabila dirasa kotor maka harus segera Anda bersihkan.

Apalagi setelah melakukan perjalanan jauh. Menunda dalam membersihkan kotoran pada mobil bisa membuat bekas kotoran sulit dihilangkan.

Bersihkan interiro mobil dengan vacuum cleaner, sapu kecil, hingga lap basah apabila diperlukan.

Sedangkan bagian eksteriornya, Anda bisa mencucinya sendiri atau bisa menggunakan jasa cuci mobil di   tempat yang profesional.

BACA JUGA:  Harga Mobil Bekas Toyota Veloz Awal November 2023, Mulai 110 Jutaan, Pilihan MPV Idaman Keluarga!

4. Selalu Cek Aki

Aki mobil khususnya pada mobil Alphard pasti mempunyai ketahanan yang sangat baik. Hanya saja, hal tersebut jangan sampai Anda melupakannya, ya.

Anda perlu melakukan pengecekan aki secara berkala. Apabila terjadi masalah pada aki, maka segera bawa ke bengkel mobil langganan Anda. Pastikan juga bahwa aki mobil tersebut sudah kembali normal.

BACA JUGA:  Lebih Irit, Kekinian, dan Ramah Lingkungan, Ini Daftar Lengkap Harga Mobil Listrik November 2023

5. Jangan Lupa untuk Selalu Panaskan Mobil

Tahukah And bahwa memanaskan mobil juga menjadi bagian dari perawatan mesin yang wajib Anda lakukan.

Dengan kondisi mesin yang sudah panas, maka bisa siap untuk Anda gunakan dengan kinerja yang optimal.

Berbeda halnya apabila mobil Anda tidak dipanasi. Beban mesin menjadi sangat besar, karena mobil belum siap membawa beban.

Meskipun mesin Toyota Alphard sangat handal. Namun, kebiasaan buruk membawa mobil tanpa dipanasi   lebih dahulu akan membuat   mesin cepat rusak,   lho.

BACA JUGA:  Toyota Camry Hybrid Iritnya Setara Mobil LCGC, Konsumsi BBM-nya Bikin Ramah di Kantong

Demikian ulasan mengenai cara merawat mobol MPV. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :